ANALISIS DU PONT DALAM MENGUKUR NILAI INVESTASI DAN EFEKTIVITAS ORGANISASI PADA PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY AND TRADING COMPANY TBK PERIODE 2016-2019

Kuspita Sari, Mari Fahtul nur Fatimah, Sylvia Oktaviani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh analisis du pont terhadap nilai investasi dan efektivitas operasional pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company Tbk periode 2016-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company Tbk periode 2016-2019 dan di analisis menggunakan metode du pont. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis du pont yang dilakukan di perusahaan dapat menjadi tolak ukur bagi investor yang ingin berinvestasi di perusahaan dan efektivitas organisasi perusahaan. Hal ini dikarenakan terjadi penurunan pengembalian investasi yang berpengaruh pada pertimbangan investor untuk berinvestasi di perusahaan. Untuk meningkatkan pengembalian investasi tersebut, perusahaan harus menerapkan efektivitas operasional untuk mengukur keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Kata kunci: Analisis Du Pont, Investasi, Efektivitas Organisasi


References


Azmi, Zul, and Isra Desmi Harti. 2021. “Pengaruh Akuntansi Manajemen Strategik Dan Kapabilitas Organisasional Terhadap Kinerja Organisasi.†Ekonomis: Journal of Economics and Business 5(1): 266.

Datum, Nasyiatul Mumtaz, and Hesti Widianti. “Analisis Sistem Du-Pont Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Cv. Astamedika Tegal.†Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (09): 62–67.

Husaini, Achmad. 2012. “Pengaruh Variabel Return On Assets , Return On Equity, Net Profit Margin Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Perusahaan.†Jurnal Administrasi Bisnis 6(1): 45–49.

Lestari, Wuryaningsih Dwi, and Moh Dziqron. 2014. “PENERAPAN DU PONT SYSTEM UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN ( Studi Pada Perusahaan Semen Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2007-2011 ).†(Sancall): 327–41.

Lubis, Putriinti Amelia, Zul Azmi, and Linda Hetri Suriyanti. 2019. “Pengaruh Customer Accounting Dan Customer Orientation Terhadap Kinerja Organisasi.†Jurnal Al-Iqtishad 15(2): 180–215.

Normal, I Nyoman. 2017. “Kinerja Investasi Jasa Pengujian Tableware Untuk Produk Kreatif Keramik Pada Btikk-Bppt.†Jurnal Keuangan dan Perbankan 21(1): 47–59.

Antong, A., & Riyanti, R. (2021). How Does Local Wisdom Become Value in Selling-Price Setting? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 672–688. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.3.38

Muliadi, M., Muhammadiah, M., Amin, K. F., Kaharuddin, K., Junaidi, J., Pratiwi, B. I., & Fitriani, F. (2022). The information sharing among students on social media: the role of social capital and trust. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/VJIKMS-12-2021-0285

Lantara, D., Junaidi, J., Rauf, N., Pawennari, A., & Achmad, R. N. (2022). Indonesian Islamic banks: A review of the financial state before and after the COVID-19 pandemic. Banks and Bank Systems, 17(4), 12–24. https://doi.org/10.21511/bbs.17(4).2022.02

Tijjang, B., Junaidi, J., Nurfadhilah, N., & Putra, P. (2023). The Role of Brand Love, Trust, and Commitment in Fostering Consumer Satisfaction and Loyalty. FWU Journal of Social Sciences, 17(1).

Khaddapi, M., Burhanuddin, B., Sapar, S., Salju, S., & Risal, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan Melalui Loyalitas Terhadap Minat Membeli Kembali di Jinan Pet Care and Veterinary Palopo. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 951–961. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.951

Risal, M., & Aqsa, M. (2021). Consumer Loyalty as Impact of Marketing Mix and Customer Satisfaction. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 37(2), 297–304. https://doi.org/10.29313/mimbar.v37i2.8055

Salju, S., Junaidi, J., & Goso, G. (2023). The effect of digitalization, work-family conflict, and organizational factors on employee performance during the COVID-19 pandemic. Problems and Perspectives in Management, 21(1), 107–119. https://doi.org/10.21511/ppm.21(1).2023.10

Sapar, S., & Syafruddin, S. (2021). Conflict Resolution in Mining Area: An Alternative Strategy of Community Empowerment. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19(3), 612–619. https://doi.org/10.14710/jil.19.3.612-619

M. Anwar, S., Junaidi, J., Salju, S., Wicaksono, R., & Mispiyanti, M. (2020). Islamic bank contribution to Indonesian economic growth. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(3), 519–532. https://doi.org/10.1108/IMEFM-02-2018-0071

Yanti, D., Dedi Subagja, A., Nurhayati, S., Reza Irwansyah Rezeki, S., Herawati Limbong, C., & Solling Hamid, R. (2023). Short Videos & Social Media Algorithms: Effective Communication in Tourism Marketing. International Journal Of Artificial Intelegence Research, 6(1), 2022. https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.585

Junaidi, J., Wicaksono, R., & Hamka, H. (2022). The consumers’ commitment and materialism on Islamic banking: the role of religiosity. Journal of Islamic Marketing, 13(8), 1786–1806. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2020-0378

Karim, K., Ilyas, G. B., Umar, Z. A., Tajibu, M. J., & Junaidi, J. (2022). Consumers’ awareness and loyalty in Indonesia banking sector: does emotional bonding effect matters? Journal of Islamic Marketing, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2022-0092

Junaidi, J., Anwar, S. M., Alam, R., Lantara, N. F., & Wicaksono, R. (2023). Determinants to adopt conventional and Islamic banking: evidence from Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 14(3), 892–909. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2021-0067

JUNAIDI, J., CHIH, W., & ORTIZ, J. (2020). Antecedents of Information Seeking and Sharing on Social Networking Sites: An Empirical Study of Facebook Users. International Journal of Communication, 14, 5705–5728.

Wulandari, O., S. Rahayu, and N. Nuzula. 2016. “ANALISIS FUNDAMENTAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN PRICE EARNINGS RATIO UNTUK MENILAI HARGA INTRINSIK SAHAM UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM (Studi Pada Perusahaan Yang Sahamnya Masuk Indeks LQ45 Periode Tahun 2010-2012 Di Bursa Efek Indonesia).†Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 31(1): 73–80.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/ja001.v7i2.801

Article Metrics

Abstract view : 326 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 471 times

Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.