ANALISIS EVALUASI TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN MASALAH PIHAK TERKAIT PADA PT BANK BUMI ARTA TBK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan tata kelola perusahaan dan masalah pihak terkait pada PT Bank Bumi Arta Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode dokumentasi dengan mencatat dan menelusuri laporan keuangan PT Bank Bumi Arta Tbk yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya Tata Kelola Perusahaan PT Bank Bumi Arta Tbk sudah cukup baik dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik, namun tetap perlu ditingkatkan kembali agar mencapai hasil yang memuaskan serta dapat meningkatkan nilai dan kinerja perusahaan. Selain itu, terkait trasparasi PT Bank Bumi Arta Tbk ini sudah menyediakan informasi secara transparan dengan memanfaatkan situs web perseroan sebagai sarana untuk menyampaikan keterbukaan informasi perusahaan, dan PT Bank Bumi Arta Tbk ini juga akan berusaha terus meningkatkan penerapan prinsip keterbukaan dan meningakatkan pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik dengan salah satunya yaitu melalui penyajian informasi yang jelas, lengkap dan rinci.
Kata Kunci : Tata Kelola Perusahaan, Analisis Laporan Keuangan, Tanda PeringatanFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azmi, Z, & Murialti, N. (2018). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Pelaporan Online Informasi Strategik Pada Perusahaan Yang Terindeks LQ45. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika.
Azmi, Zul, Nasution, A. A., & Wardayani, W. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif dalam Akuntansi. Akuntabilitas, 11(1), 159–168. https://doi.org/10.15408/akt.v11i1.6338
Dewi, M., & Zatira Novridayani. (2020). Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan yang Baik, Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Kesulitan Keuangan di Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2017. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 281–299. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i3.2397
Antong, A., & Riyanti, R. (2021). How Does Local Wisdom Become Value in Selling-Price Setting? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 672–688. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.3.38
Muliadi, M., Muhammadiah, M., Amin, K. F., Kaharuddin, K., Junaidi, J., Pratiwi, B. I., & Fitriani, F. (2022). The information sharing among students on social media: the role of social capital and trust. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/VJIKMS-12-2021-0285
Lantara, D., Junaidi, J., Rauf, N., Pawennari, A., & Achmad, R. N. (2022). Indonesian Islamic banks: A review of the financial state before and after the COVID-19 pandemic. Banks and Bank Systems, 17(4), 12–24. https://doi.org/10.21511/bbs.17(4).2022.02
Tijjang, B., Junaidi, J., Nurfadhilah, N., & Putra, P. (2023). The Role of Brand Love, Trust, and Commitment in Fostering Consumer Satisfaction and Loyalty. FWU Journal of Social Sciences, 17(1).
Khaddapi, M., Burhanuddin, B., Sapar, S., Salju, S., & Risal, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan Melalui Loyalitas Terhadap Minat Membeli Kembali di Jinan Pet Care and Veterinary Palopo. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 951–961. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.951
Risal, M., & Aqsa, M. (2021). Consumer Loyalty as Impact of Marketing Mix and Customer Satisfaction. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 37(2), 297–304. https://doi.org/10.29313/mimbar.v37i2.8055
Salju, S., Junaidi, J., & Goso, G. (2023). The effect of digitalization, work-family conflict, and organizational factors on employee performance during the COVID-19 pandemic. Problems and Perspectives in Management, 21(1), 107–119. https://doi.org/10.21511/ppm.21(1).2023.10
Sapar, S., & Syafruddin, S. (2021). Conflict Resolution in Mining Area: An Alternative Strategy of Community Empowerment. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19(3), 612–619. https://doi.org/10.14710/jil.19.3.612-619
M. Anwar, S., Junaidi, J., Salju, S., Wicaksono, R., & Mispiyanti, M. (2020). Islamic bank contribution to Indonesian economic growth. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(3), 519–532. https://doi.org/10.1108/IMEFM-02-2018-0071
Yanti, D., Dedi Subagja, A., Nurhayati, S., Reza Irwansyah Rezeki, S., Herawati Limbong, C., & Solling Hamid, R. (2023). Short Videos & Social Media Algorithms: Effective Communication in Tourism Marketing. International Journal Of Artificial Intelegence Research, 6(1), 2022. https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.585
Junaidi, J., Wicaksono, R., & Hamka, H. (2022). The consumers’ commitment and materialism on Islamic banking: the role of religiosity. Journal of Islamic Marketing, 13(8), 1786–1806. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2020-0378
Karim, K., Ilyas, G. B., Umar, Z. A., Tajibu, M. J., & Junaidi, J. (2022). Consumers’ awareness and loyalty in Indonesia banking sector: does emotional bonding effect matters? Journal of Islamic Marketing, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2022-0092
Junaidi, J., Anwar, S. M., Alam, R., Lantara, N. F., & Wicaksono, R. (2023). Determinants to adopt conventional and Islamic banking: evidence from Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 14(3), 892–909. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2021-0067
JUNAIDI, J., CHIH, W., & ORTIZ, J. (2020). Antecedents of Information Seeking and Sharing on Social Networking Sites: An Empirical Study of Facebook Users. International Journal of Communication, 14, 5705–5728.
Dwiridotjahjono, J. (2009). Penerapan Good Corporate Governance : Manfaat Dan Tantangan Serta Kesempatan Bagi Perusahaan Publik Di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis Unpar, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.26593/jab.v5i2.2108.
Giovani, M. (2019). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Tata Kelola Perusahaan, Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Bisnis, 15(2), 290. https://doi.org/10.24167/jab.v16i1.1367
Kurniawan, V. J., & Rahardjo, S. N. (2014). Pengaruh Penerapan Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) Terhadap Struktur Modal Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa efek Indonesia. Diponegoro Journal of Accounting, 3(3), 1–9.
Kustiani, S., Mulyatini, N., & Lestari, M. N. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan (Suatu Studi pada PT. Gudang Garam Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2017). Business Management and Enterpreneurship Journal, 1(3), 125–140.
Labesi, T. (2013). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Di Pt Bank Sulut Kantor Pusat Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1274–1283. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2907
Marini, Y., & Marina, N. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 1(1), 7–20. https://doi.org/10.30601/humaniora.v1i1.37
Negara, I. K. (2019). Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabelpemoderasi (Studi Pada Indeks Sri-Kehatiyang Listed Di Bei). Jmm Unram - Master of Management Journal, 8(1), 46–61. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i1.414
Noviardhi, M. T., & Hadiprajitno, P. B. (2013). Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. Diponegoro Journal of Accounting, 2(2), 65–73.
Onasis, K., & Robin. (2016). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di BEI. Bina Ekonomi, 20(1), 1–22. https://doi.org/10.26593/be.v20i1.1893.1-22
Sintyawati, N. L. A., & Dewi, M. R. (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Leverage Terhadap Biaya Keagenan Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(2), 933. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i02.p16
Suryanto, A., & Refianto. (2019). Analisis Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Bina Manajemen, 8(1), 1–33.
Tan, C., & Robinson, T. R. (2014). Asian Financial Statement Analysis : Detecting Financial Irregularities. In Jhon Wiley & Sons, Inc Hoboken.
Wulandari, E., & Sutandi. (2018). Analisis Pengaruh Profitabilitas , Financial Leverage , Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Income Smoothing ( Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Keuangan Sub Sektor Perbankan Di Bursa Efek Indonesia PPeriode 2013-2017). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Teknologi, 10(02), 1–14.

Article Metrics
Abstract view : 504 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 2146 times
Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.