PENGARUH END-USER SATISFACTION TERHADAP PERFORMANCE PENGGUNA AKHIR SISTEM AKUNTANSI INSTANSI BERBASIS AKRUAL (SAIBA) PADA SATUAN KERJA DI PROVINSI GORONTALO

Yulia Puspitasari Gobel

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh End-User Satisfaction  terhadap kinerja Pengguna Akhir Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) pada satuan kerja di provinsi Gorontalo. Variabel bebas pada penelitian ini adalah End-User Satisfaction dan variabel terikatnya adalah Performance. Populasi dalam penelitian ini adalah operator SAIBA satuan kerja dimasing-masing instansi. Dalam penelitian ini operator SAIBA yang menjadi sampel dipilih berdasarkan Purposive Sampling (kriteria yang dikehendaki). Kriteria pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah operator SAIBA yang telah menggunakan aplikasi SAIBA sejumlah 30 responden. Kriteria tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan sampel yang dalam kegiatan operasionalnya memahami berbagai hal yang terkait dengan Aplikasi SAIBA, kemudian nantinya hasil tersebut dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Penulis mengolah data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden. Data yang berasal dari responden dianalisis dengan regresi linear menggunakan program SPSS 23.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil pengujian hipotesis diterima. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa signifikansi kepuasan pengguna SAIBA sebesar 5,804 lebih besar dari t tabel sebesar 2,037 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa kepuasan pengguna SAIBA berpengaruh terhadap Kinerja Operator SAIBA

Kata kunci : End-User Satisfaction, Performance, SAIBA.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of End-User Satisfaction on the performance of the End-User Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) in work units in Gorontalo province. The independent variable in this study is End-User Satisfaction and the dependent variable is Performance. The population in this study were the SAIBA operators in each work unit. In this study, the SAIBA operator who became the sample was selected based on purposive sampling (desired criteria). The sample selection criteria in this study were 30 SAIBA operators who had used the SAIBA application. These criteria are intended to obtain samples that in their operational activities understand various things related to the SAIBA application, then later these results can be used in decision making. The author processes primary data in the form of a questionnaire distributed to respondents. Data from respondents were analyzed using linear regression using the SPSS 23 program. Based on the results of the research that has been done, the results of hypothesis testing are accepted. The results of statistical testing show that the significance of SAIBA user satisfaction of 5.804 is greater than the t table of 2.037 and the significance value of 0.000 is less than 0.05. This means that SAIBA user satisfaction has an effect on the Performance of SAIBA Operators

Keywords : End-User Satisfaction, Performance, SAIBA


References


Ardianto, A., Fauziati, S., & Nugroho, E. (2014). Akhir Sistem Informasi Sumber Daya Manusia ( Studi Kasus Di Bpk Ri ). 29–34.

Glandon, T., Glandon, S., & Boyd, M. W. (2008). Reducing Perceptual Differences in End Users: Potential and Possibilities for Continuing Training Programs. Academy of Information & Management Sciences Journal, 11(1), 1–12.

Ilias, A., & Razak, M. Z. A. (2011). End-user computing satisfaction (EUCS) towards computerised accounting system (CAS) in public sector: A validation of instrument. Journal of Internet Banking and Commerce, 16(2), 119–135.

Iranto, B. D. (2012). Pengaruh Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Terhadap Kinerja Individu. Fakultas Ekonomi, 4–20.

Iskandar, A., Amriani, T. N., & Subekan, A. (2017). Evaluasi Atas Implementasi Aplikasi Sistem Akuntansi Instansi Basis Akrual (Saiba) Pada Mitra Kerja Kppn Gorontalo Dan Marisa. Jurnal Tata Kelola & Akuntabilitas Keuangan Negara, 2(2), 111.

Menteri Keuangan RI. (2014). Modul proses bisnis sistem aplikasi akuntansi instansi berbasis akrual (saiba) 1.

Komara, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manjemen, Vol. 2, No. 1, Juni 2013, 2(1), 18–25.

Otto, A. S., Szymanski, D. M., & Varadarajan, R. (2020). Customer satisfaction and firm performance: insights from over a quarter century of empirical research. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(3), 543–564.

Tarafdar, M., Tu, Q., & Ragu-Nathan, T. (2010). Impact of technostress on end-user satisfaction and performance. Journal of Management Information Systems, 27(3), 303–334.

Wanti, L. P., Insan, H. F. M., & Prasetya, N. W. A. (2020). End User Satisfaction for Location Health Service Application with Analysis of Task Technology Fit. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 11(2), 76.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/ja001.v7i1.737

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.