PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNCANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERCATAT DI BEI PERIODE TAHUN 2015-2019
Abstract
ABSTRAK
Nilai perusahaan yang tinggi merupakan slah satu indikator utama untuk menarik minat investor untuk berinvestasi. Oleh sebab itu nilai perusahaan menjadi sangat penting untuk mencerminkan kinerja perusahaan sehingga dapat mempengaruhi pandangan investor terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran GCG dan CSR terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 27 perusahaan sektor barang konsumsi. Analisis data dengan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Komisaris Independen, (2) Kepemilikan Manajerial, (3) Kepemilikan Institusional, (4) CSR berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nilai perusahaan.
Kata Kunci : GCG, CSR Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Barang Konsumsi
Â
ABSTRACT
High company value is one of the main indicators to attract investors to invest. Therefore, the value of the company is very important to reflect the company's performance so that it can affect the view of investors on company value. This research aims to determine the role of GCG & CSR on corporate value. Consumer goods sector companies listed on the Indonesian stock exchange for the period 2015-2019. The method used this study using purposive sampling technique and obtained a sample of 27 (twenty seven) companies in the consumer goods sector. data analysis with multiple regression. The results of this study indicate that 1. independent commissioner, 2 managerial ownership, institutional ownership, CSR have a significant positive effect on firm value
Keywords: GCG, CSR against company value in the goods consumption sector
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ammann, M., Oesch, D., & Schmid, M. (2011). Product Market Competition, Corporate Governance, and Firm Value: Evidence from the EU-Area. European Financial Management, 19(3), 452–469.
Dananjaya, P. M., & Mustanda, I. K. (2016). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(10), 6610-6639.
Effendi , M. (2016). The Power of Good Corporate Governance (2 ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Fajriana, A., & Priantinah, D. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Keputusan Investasi, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Nominal, 5(2), 16-28.
Bursa Efek Indonesia, Laporan Keuangan Tahunan 2015, 2016,2017,2018 dan 2019. (diakses di http://www.idx.co.id)
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/ja001.v7i1.732
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Website Layout and Editing ©2016 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.