PERAN STRUKTUR MODAL: PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMEN PRIMER DI BEI
Abstract
ABSTRAK
Secara khusus penelitian ini menguji bagaimana struktur modal berperan sebagai variabel intervening yang mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap harga saham perusahaan barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2019 sampai dengan 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan struktur modal sebagai variabel antara. Data diperoleh melalui analisis laporan keuangan perusahaan, menggunakan data sekunder yang dipilih melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan dan profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal, namun pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Di sisi lain, profitabilitas terbukti berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan sedangkan struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Selain itu, pertumbuhan penjualan maupun profitabilitas melalui struktur modal tidak berpengaruh terhadap harga saham.
Kata kunci: Struktur modal, Pertumbuhan penjualan, Profitabilitas, Harga saham
ABSTRACT
Specifically, this study examines how capital structure acts as an intervening variable that is able to moderate the effect of sales growth and profitability on the share price of primary consumer goods companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in the period 2019 to 2023. The method used in this study is a quantitative method with capital structure as an intermediate variable. Data obtained through analysis of the company's financial statements, using secondary data selected through purposive sampling method. The results showed that sales growth and profitability affect the capital structure, but sales growth does not significantly affect the stock price. On the other hand, profitability is proven to have a significant effect on stock prices, while capital structure has no significant effect on stock prices. In addition, sales growth and profitability through capital structure have no effect on stock price.
Keywords: Capital structure, Sales growth, Profitability, Stock priceKeywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfianti, N. (2023). 4.-66-76. 3(2), 66–76. https://doi.org/10.17977/um066v3i22023p66-76
Anggraini, N. F., Istiatin, I., & ... (2024). Pengaruh Struktur Modal Struktur Aktiva dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Reslaj: Religion Education …. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/4729
Apri, S., Anugerah, R., & Humairoh, F. (2024). Pengaruh Ukuran Perusahaan , Leverage , Pertumbuhan Penjualan , Profitabilitas dan Kebijakan Dividen terhadap Harga Saham Pendahuluan. 7083(2), 165–178.
Chasanah, N. M., & Prasetyo, A. (2020). Pengaruh Risiko Likuiditas dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada perusahaan properti dan real estate. Majalah Ekonomi. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/2454
Churcill, S. E., & Ardillah, K. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Struktur Aktiva terhadap Harga Saham. STATERA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.33510/statera.2019.1.1.47-60
Fatimah, N., & Kharisma, F. (2020). Pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (bei) pada tahun 2017. Borneo Student Research, 1(2), 2020. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/download/833/233
Hardini, A. R., & Mildawati, T. (2021). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Dan Struktur Modal Terhadap Harga Saham. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(2), 1–17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/3810/3821
Hermayanti, R., Pentiana, D., & Dewi, A. K. (2023). Pengaruh Struktur Aset dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal dengan Risiko Bisnis Sebagai Variabel Moderating:(Studi Pada Perusahaan Terindeks …. Jurnal Ilmiah ESAI. https://jurnal.polinela.ac.id/ESAI/article/view/2641
Huda, C., & Rahmawati, A. (2024). Institutional Ownership, Business Risks, Asset Structure to Capital Structure: Profitability as Moderation. Journal of Business Economics and …. https://economics.pubmedia.id/index.php/jbea/article/view/96
Kartikayanti, T. P., & Ardini, L. (2021). Pengaruh Sales Growth, Size, Struktur Aset, Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu Dan Riset …. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/3803
Kartini, M., Mardani, R. M., & Wahono, B. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Dividen Payout Ratio (DPR) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(1), 68–85. www.fe.unisma.ac.id
Kurniasih, N., & Hermanto, H. (2020). Pengaruh Sales Growth, Leverage, Kualitas Audit Da Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak. JCA of Economics and Business. https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jeco/article/view/63
Ningsih, R. A., & Asandimitra, N. (2023). … terhadap financial distress pada perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi dengan profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu Manajemen. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/23238
Nursyahbani, L., & Sukarno, A. (2023). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal: Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa …. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/1702
Oktarianti, R. N., Djazuli, A., & Choiriyah, C. (2024). Pengaruh Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata, Restoran, dan Hotel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 64–82. https://doi.org/10.47747/jismab.v5i1.1636
Purnama, B., & Dewi, S. P. (2024). Determinan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Periode 2017-2020. Jurnal Paradigma Akuntansi. https://journal.untar.ac.id/index.php/jpa/article/view/29712
Renaldy, I., Mangundap, J., & ... (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas dan Rasio Pertumbuhan Terhadap Harga Saham Pada Indeks LQ-45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019. Jurnal EMBA: Jurnal …. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/41763
Sigar, P., & Kalangi, L. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industry Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, 7(3), 3029–3039. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/24054
Suzulia, M. T., & Saluy, A. B. (2020). The effect of capital structure, company growth, and inflation on firm value with profitability as intervening variable (study on manufacturing companies listed on bei …. Dinasti International Journal of Economics …. https://dinastipub.org/DIJEFA/article/view/226
Wati, L., & Angraini, T. (2020). Pengaruh Rasio Keuangan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2017. Jurnal AJAK (Akuntansi Dan Pajak), 1(1), 22–32.
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurakun.v11i1.2355
Article Metrics
Abstract view : 226 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 131 times
Copyright (c) 2025 idrawahyuni idris, Reski reski

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.










.png)


.png)
