PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM DITINJAU DARI LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI KEUANGAN DAN SIKAP KEUANGAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh literasi keuangan, persepsi keuangan, dan sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan UMKM (studi kasus UMKM program inkubasi bisnis kotamadya Surakarta). Meskipun usaha mikro di bidang kerajinan banyak diminati oleh masyarakat umum, ditambah dengan dorongan dari pemerintah untuk memberikan pembinaan melalui program unggulan yang berujung pada peningkatan jumlah pelaku usaha, namun masih banyak masalah yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam mengelola keuangan usahanya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku usaha di sektor kerajinan di wilayah Kota Surakarta. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung maupun melalui pengisian formulir online menggunakan Google Form. Hipotesis diuji secara statistik dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program IBM SPSS versi 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa literasi keuangan, persepsi keuangan, dan sikap keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan UMKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perilaku pengelolaan keuangan dipengaruhi secara positif oleh sikap keuangan pelaku usaha, yang berarti semakin baik sikap keuangan pelaku usaha, semakin baik pula pengelolaan keuangannya.
Kata Kunci : UMKM, Literasi Keuangan, Persepsi Keuangan, Sikap Keuangan.
ABSTRACT
This study aims to investigate the influence of financial literacy, financial perception, and financial attitude on the financial management behavior of micro, small, and medium enterprises (MSMEs) (case study of MSMEs in the business incubation program of Surakarta municipality). Although micro-enterprises in the handicraft sector are widely favored by the general public, coupled with government encouragement to provide guidance through flagship programs resulting in an increase in the number of business operators, there are still many challenges faced by business operators in managing their finances. This research employs a quantitative approach. The respondents in this study are business operators in the handicraft sector in the Surakarta city area. The data used is primary data obtained through the distribution of questionnaires both directly and online using Google Forms. The hypotheses are statistically tested using multiple linear regression analysis with IBM SPSS version 25. The results of the data analysis show that financial literacy, financial perception, and financial attitude significantly influence the financial management behavior of MSMEs. Thus, it can be concluded that financial management behavior is positively influenced by the financial attitude of business operators, meaning that the better the financial attitude of business operators, the better their financial management.
Keywords: MSME, Financial Literacy, Financial Perceptions, Financial Attitudes.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Hani, S., & Fauzi, Z. (N.D.). Persepsi Pelaku Ukm Terhadap Penyelenggaraan Laporan Keuangan.
Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku Umkm Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). Https://Doi.Org/10.21831/Nominal.V7i1.19363
Konsumen. (N.D.). Retrieved February 7, 2023, From Https://Www.Ojk.Go.Id/Id/Kanal/Edukasi-Dan-Perlindungan-Konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.Aspx
Limanseto, H. (2022). Perkembangan Umkm Sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, 1–2. Www.Ekon.Go.Id
Mila, S., Nurhidayah, S. A., & Finansial, L. (2022). Peran Literasi Finansial Dan Inovasi Digital Dalam Meningkatkan Business Performance Dan Business Sustainability Pada Umkm Di Kabupaten Pekalongan. 18, 212–227. Http://Dx.Doi.Org/10.24217
Narsa, I. M., & Widodo, A. (2012). Mengungkap Kesiapan Umkm Dalam Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik ( Psak-Etap ). Majalah Ekonomi, 3, 204–214.
Psak 1 Penyajian Laporan Keuangan. (N.D.). Retrieved February 26, 2023, From Http://Iaiglobal.Or.Id/V03/Standar-Akuntansi-Keuangan/Pernyataan-Sak-7-Psak-1-Penyajian-Laporan-Keuangan
Rianty, N. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perencanaan Dan Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo. Journal Of Business And Banking, 9(2), 12–26. Http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmanajemen/Article/View/7468%0ahttp://Jurnal.Ceredindonesia.Or.Id/Index.Php/Akmami/Article/View/77
Satiti, N. R. (2020). Financial Literacy: An Essential In Small Medium Entreprises (Smes) Performance. Manajemen Bisnis, 10(2). Https://Doi.Org/10.22219/Jmb.V10i2.14825
Seri Literasi Keuangan 1 - Pengelolaan Keuangan .:: Sikapi ::. (N.D.). Retrieved February 8, 2023, From Https://Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id/Frontend/Cms/Detailmateri/24
Setiawan, P. A. A. (N.D.). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Umkm Di Kecamatan Gerokgak Pada Masa Pandemi Covid-19. Retrieved February 5, 2023, From File:///C:/Users/Hp/Downloads/501-508_Setiawan&Suarmanayasa.Pdf
Setiawan, P. A. A., & Suarmanayasa, I. N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Umkm Di Kecamatan Gerokgak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 12(2).
Uu Nomor 20 Tahun 2008. (N.D.). Retrieved December 18, 2022, From Https://Peraturan.Bpk.Go.Id/Home/Details/39653/Uu-No-20-Tahun-2008
View Of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberlangsungan Umkm Di Kabupaten Banyumas Pada Masa Pandemi Covid 19. (N.D.). Retrieved April 19, 2023, From Http://Jos.Unsoed.Ac.Id/Index.Php/Sar/Article/View/4063/2586
Tijjang, B., Junaidi, J., Nurfadhilah, N., & Putra, P. (2023). The Role of Brand Love, Trust, and Commitment in Fostering Consumer Satisfaction and Loyalty. FWU Journal of Social Sciences, 17(1).
Salju, S., Junaidi, J., & Goso, G. (2023). The effect of digitalization, work-family conflict, and organizational factors on employee performance during the COVID-19 pandemic. Problems and Perspectives in Management, 21(1), 107–119. https://doi.org/10.21511/ppm.21(1).2023.10
Rahmawati, R., & Yusuf, M. (2020). Budaya Sipallambi’ Dalam Praktik Bagi Hasil. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 11(2), 386–401. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2020.11.2.23
Risal, M., & Aqsa, M. (2021). Consumer Loyalty as Impact of Marketing Mix and Customer Satisfaction. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 37(2), 297–304. https://doi.org/10.29313/mimbar.v37i2.8055
M. Anwar, S., Junaidi, J., Salju, S., Wicaksono, R., & Mispiyanti, M. (2020). Islamic bank contribution to Indonesian economic growth. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(3), 519–532. https://doi.org/10.1108/IMEFM-02-2018-0071
Karim, K., Ilyas, G. B., Umar, Z. A., Tajibu, M. J., & Junaidi, J. (2022). Consumers’ awareness and loyalty in Indonesia banking sector: does emotional bonding effect matters? Journal of Islamic Marketing, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2022-0092
Khaddapi, M., Burhanuddin, B., Sapar, S., Salju, S., & Risal, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan Melalui Loyalitas Terhadap Minat Membeli Kembali di Jinan Pet Care and Veterinary Palopo. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 951–961. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.951
Antong, A., & Riyanti, R. (2021). How Does Local Wisdom Become Value in Selling-Price Setting? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 672–688. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.3.38
Junaidi, J., Anwar, S. M., Alam, R., Lantara, N. F., & Wicaksono, R. (2023). Determinants to adopt conventional and Islamic banking: evidence from Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 14(3), 892–909. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2021-0067
JUNAIDI, J., CHIH, W., & ORTIZ, J. (2020). Antecedents of Information Seeking and Sharing on Social Networking Sites: An Empirical Study of Facebook Users. International Journal of Communication, 14, 5705–5728.
Hamid, R. S. (2020). Niat Konsumen menggunakan Transportasi Ride-Hailing di tengah Pandemi COVID-19: Kerangka Kerja Konseptual dan Evaluasi Empiris. Jurnal Manajemen Teknologi, 19(3), 266–289. https://doi.org/10.12695/jmt.2020.19.3.4
Hamid, R. S., Abror, A., Anwar, S. M., & Hartati, A. (2022). The role of social media in the political involvement of millennials. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 26(1), 61–79. https://doi.org/10.1108/SJME-08-2021-0151
Yusufina, J. R., Sisilia, K., & Setyorini, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan , Sikap Keuangan , Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku Umkm Kabupaten Bandung. Journal Of Management, 5(2).

Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Copyright (c) 2023 Evi Dewi Kusumawati, Eskasari Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.