PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KASUS YANG BERPUSAT PADA MAHASISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PERPAJAKAN

Rismawati Rismawati, Jumawan Jasman

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Mutmainnah (2012). Yang membedakan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah objek matakuliah, waktu dan tempat dan responden. Dalam penelitian ini khusus untuk metode case base learning peneliti membawa responden untuk terjun langsung ke KPP Pratama Cab. Palopo.

Sehubungan dengan keterbatasan pada model pembelajaran tradisional, upaya perbaikan perlu dilakukan baik dalam proses pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, manajemen kelas dan juga pada sistem penilaian proses dan hasil belajar. Alternatif yang direkomendasikan untuk itu adalah metode pembelajaran kooperatif berbasis kasus dalam konteks pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Berbagai riset menunjukan bahwa di samping mampu meningkatkan pencapaian pembelajaran, metode pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan non-kognitif seperti self-esteem, kemampuan komunikasi, kemampuan interpersonal, dan pembelajaran untuk belajar.

References


Anonim. 2004. Tanya Jawab Seputar Unit dan Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi.Bagian Kurikulum Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan

______. 2003. Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang 1996-2005.DepdiknasBaer, John. Grouping and Achievement in Cooperative Learning.College Teaching.Vol.51, No. 4

Chong, Vincent K. 1999. Cooperative Learning: The Role of Feedback and Use of LectureActivities on Student’s Academic Performance.Cook, Ellen D., Anita C. Hazelwood. 2002. An Active earning Strategy for theClassroom—“Who Wants to Win...Some Mini Chips Ahoy?” Journal of AccountingEducation 20 pp. 297-306.

Dewajani, Sylvi. 2005. Belajar Mandiri, Belajar Aktif, Strategi Kognitif. Makalahdisampaikan pada Pelatihan Active Learning yang diselenggarakan PHK A3 JurusanIESP Undip di Semarang.

_______, 2005.Paradigm Shift.Makalah disampaikan pada Pelatihan Active Learningyang diselenggarakan PHK A3 Jurusan IESP Undip di Semarang.

_______, 2005.Case-Based Learning.Makalah disampaikan pada Pelatihan ActiveLearning yang diselenggarakan PHK A3 Jurusan IESP Undip di Semarang.

Handoko, Hani. 2005. Metode Kasus dalam Pengajaran (Manajemen), Makalahdisampaikan pada Lokakarya Peningkatan Kemampuan Penyusunan dan PenerapanKasus untuk Pengajaran, Semarang 23 November.

Lancaster, Kathryn A.S. and Carolyn A. Strand. 2001. Using the Team Learning Model inManagerial Accounting Class: An Experiment in Cooperative Learning. Issues inAccounting Education.November Vol. 16, No. 4. p. 549-567.

Phipps, Maurice et al. 2001. University Students’ Perception of Cooperative Learning:Implications for Administrators and Instructors. The Journal of ExperientialEducation.Spring, Vol. 24 No. 1, p.14-21.

Ravenscroft, Susan P., Frank A. Buckless and Trevor Hassal. 1999. Cooperative LearningaLiterature Guide. Accounting Education 8 (2), p. 163-176.

______. 1997. In Support of Cooperative Learning. Issues in Accounting Education.Spring Vol. 12, No. 1, p. 187-190.

______.1995. Incentives in Student Team Learning: An Experiment in Cooperative GroupLearning. Issues in Accounting Education. Sarasota: Spring. Vol. 10.Iss. 1, p. 97.

Roger T. and David W. Johnson. 1994. An Overview of Cooperative Learning inCreativity and Collaborative Learning, Brookes Press, Baltimore.Sawyer, Andrian J., Stephen R. Tomlinson,

Andrew J. Maples. 2000. Developing EssentialSkills Trough Case Study Scenarios. Journal of Accounting Education 18 pp. 257-282.

Scofield, Barbara W. 2005. Adapting Cases for A Team Approach. Journal of AccountingEducation.23 pp. 248-263.

Stout, David E. 1996. Experiental Evidence and Recommendations Regarding Case-BasedTeaching in Undergraduate Cost Accounting. Journal of Accounting Education, Vol.14, No. 3, pp. 293-317.

Yumarma, Andreas, 2006. Pedagogi Pasca-UU Guru dan Dosen. Kompas, Selasa, 17Januari.

Zaini, Hisyam, Bermawi Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif.Edisi Revisi. CTSD Yogyakarta.

_____ dkk. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. CTSD Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/ja001.v1i2.107

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.