MAKSIMALISASI ALAT PERAGA EDUKATIF SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN POS PAUD DI WILAYAH KELURAHAN MERJOSARI KOTA MALANG

Adya Hermawati, Choirul Anam

Abstract


Abstrak. Peran Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) signifikan dalam  masyarakat  karena dikelola dengan prinsip “dari, oleh dan untuk masyarakat”. Namun demikian, Pos Paud yang ada di  RW wilayah  Kelurahan Merjosari Malang, dalam prakteknya beberapa masih menemui banyak kendala. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan sarana dan prasarana. Kegiatan  Pengabdian Masyarakat ini dilakukan untuk memberikan solusi alternatif terhadap beberapa permasalahan yang dihadapi oleh dua Pos PAUD di wilayah Kelurahan Merjosari Malang. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan Iptek Bagi Masyarakat (Pengabdian Masyarakat) adalah berupa alat peraga edukatif/APE motorik kasar (outdoor), pagar besi, meja dan  kursi warna warni standard untuk siswa usia dini kususnya Pos Paud, loker warna warni, lemari arsip untuk menyimpan dan  mengamankan dokumen dokumen Pos Paud , kursi guru, meja pentas kreasi siswa,  pelatihan manajemen pengelolaan dan pengembangan Pos PAUD dengan konsep POAC, alat peraga edukatif/APE motorik halus ( indoor), pelatihan dan pendampingan tata kelola  administrasi keuangan oraganisasi Pos PAUD, serta pembuatan   buku  panduan  ISBN tentang Manajemen Pengelolaan dan pengembangan Organisasi (Pos Paud) berbasis Planning, Organizing, Actuating and Controlling (POAC). saran yang dapat membangun dalam peningkatan kinerja yaitu agar Pos Paud yang ada di wilayah RW di Kelurahan Merjosari Malang (Pos Jaya Kusuma  maupun Mawar Merah) benar-benar dapat memanfaatkan bantuan dengan merawat bantuan sarana dan prasarana yang telah diberikan serta dapat mengaplikasikan teori-teori dalam pelatihan.

 

 

Abstract. The Early Childhood Education Post (PAUD) role is significant in the community because it managed by the principle of "from, by, and for the community." However, Pos Paud, which is in the RW area of Merjosari Malang, in practice, some still encounter many obstacles. Community Service Activities are carried out to provide alternative solutions to some of the problems faced by two PAUD posts in the Merjosari Kelurahan region of Malang. The results achieved in the implementation of Science and Technology for the Community (Community Service) were educative props/rough motorized APE (outdoor), iron fences, colorful colored tables, and chairs for early childhood students specifically the Pos Paud, bright lockers, file cabinets to store and secure Pos Paud documents, teacher chairs, student creation tables, management training and development of PAUD Posts with POAC concepts, educative props / excellent motorized APE (indoor), training and assistance in financial administration governance of PAUD Post organizations. The result also included the making of ISBN handbook on Management of Organizational and Organizational Development (Pos Paud) based on Planning, Organizing, Actuating, and Controlling (POAC). The suggestions for the Pos Paud in the RW area in Merjosari Malang (Pos Jaya Kusuma and Mawar Merah) were to keep improving their performance and keep the care of facilities and infrastructure that have been given and can apply the theories in training



References


DAFTAR PUSTAKA

Al Rasyid, Harun. 2008. Membangun Sinergisme dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Artikel.http://paud-usia-dini.blogspot.com/. Diakses 18 Juni 2015. Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Edisi ke 1. Yogyakarta: Aditya Media.

Departemen Logistik Pemerintahan. 2012. Membantu Anak Anda di Usia Taman Kanak-Kanak. Biro Pendidikan, Jakarta.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2009. Pedoman Penyaluran Dana Bantuan Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional.

Direktorat Riset Dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi X.

Dirjen Paud, Nonformal dan Informal. 2013. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Direktorat Pendidikan Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mantja. 2007. Etnografi; Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Malang: Elang Mas.

Martuti, A. 2009. Mendirikan dan Mengelola PAUD. Manajemen Administrasi dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Ruli. 2011. Definisi Perencanaan. diakses tanggal 6 Oktober 2011. http://rulidoblenk.blogspot.com/2011/01/definisi-perencanaan.html.

Septiani, Widiayu. 2011. Menguak Konsep Evaluasi Pembelajaran. http://edukasi.kompasiana.com/2011/03/16/menguak-konsep-evaluasi pembelajaran

Singadilaga, Sugiman. 2009. Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. diakses tanggal 11 Juli 2011. http://sugiman.

Sofyani,Iman. 2008. Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Artikel.http://www.imansofyan i.co.cc/index.php/artikel.Diakses 10 Juni 2015.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v3i2.400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.