Pengembangan Ekonomi Kreatif melalui Pengelolaan Dodol Terong untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Sindu Agung Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur

Indra Kusdarianto

Abstract


Permasalahan dalam kelompok masyarakat adalah: (a) masih rendahnya pengetahuan dan keterampilan tentang pengolaan dodol teromg; dan (b) belum adanya pembinaan dan pelatihan tentang pengolaan dodol terong, terutama pada aspek manajemen hingga proses pemasarannya. Target capaian dalam kegiatan KKN-PPM ini adalah: (a) menigkatkan nilai tambah terhadap pengolaan dodol terong; (b) sebagai salah satu usaha rumahan yang dapat memberikan konstribusi pendapatan; dan (c) meningkatkan peran wanita dalam rumah tangga dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi rumah tangga. Metode pendekatan yang diterapkan meliputi penyuluhan atau sosialisasi, peragaan, dan pelatihan pembuatan dodol terong. Pelatihan dilakukan dengan metode ceramah, disuksi, peragaan, dan pendampingan yang terdiri dari pelatihan kewirausahaan, pelatihan pengenalan teknologi/media, pelatihan penggunaan alat peraga, pelatihan manajemen produksi, pelatihan manajemen pemasaran. Agar memudahkan pemahaman bagi masyarakat sasaran atau kelompok mitra, praktek langsung dilakukan dalam setiap tahapan-tahapan pembuatan dodol terong. Dari hasil peragaan tersebut masyarakat sasaran dapat menerapkan pengolaan terong menjadi dodol terong atau produk dodol terong siap untuk dipasarkan. Semua kegiatan tersebut didampingi oleh tim pelaksana program KKN-PPM.


References


Anonim. 2012. Budidaya Terong. http://bpp-bandung.blogspot.com.

Cristiman, S. 2007. Solamum Melongena. http://www.floridata.com.

Firmanto, B. 2011. Sukses Bertaman Terong Secara Organik. Bandung: Angkasa.

Hardjosaputra, S.K.P. 2008. Data Obat di Indonesia. Edisi Kesebelas. Jakarta: Muliapurna Jayaterbut.

Hariyadi, P. 2011. Mutu Buah dan Sayuran. http://www.foodreview.biz. http:/news.indonesiakreatif.net/era-ekonomi-kreatif.

Kemenristek Dikti. Panduan Ristek Dikti tentang Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi X Tahun 2016.

Kemenristek Dikti. Panduan Ristek Dikti tentang Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI Tahun 2017.

Malini, H., S. Oktarina, D. Aryani, Thirtawati, dan D.W. Sari. 2013. Introduksi Teknologi Pengolahan Terung Menjadi Manisan dan Dodol Sebagai Usaha Skala Rumah Tangga bagi Kelompok Ibu Rumah Tangga di Desa Tanjung Seteko Kecamatan Indralaya Utara Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 43-49.

Sunarjono, H. 2013. Bertanam 36 Jenis Sayur. Jakarta: Penebar Swadaya.

Zakiul. J. 2014. Indonesia Menghadapi Era Baru Ekonomi Kreatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.