Pengolahan Ikan Bandeng (Chanos-Chanos) Cabut Duri

Andi Dahri Adi Patra

Abstract


Tujuan pengabdian ini adalah memberikan solusi kepada kelompok mitra pengusaha mikro bandeng cabut duri terhadap produksi dan aspek manajemen usaha ikan bandeng cabut duri di kota Palopo. Permasalahan mitra cukup kompleks. Jumlah pelaku usaha relatif terbatas, sedangkan jumlah permintaan cukup besar menunjukkan terdapat permasalahan dan kendala pengusaha (pelaku) produksi Ikan bandeng Tanpa Duri masuk ke industri. Masalah dan kendala awal yaitu penguasaan teknik mencabut duri, yang memang membutuhkan teknik khusus. Kendala dalam pemasaran yang dirasakan yaitu pasokan Bandeng segar yang bersifat musiman, sehingga mengakibatkan adanya kemungkinan tidak dapat memenuhi permintaan yang ada (stock out). Kendala lainnya adalah daya tahan bandeng tanpa duri yang terbatas akibat penggunaan teknologi pengemasan manual (tanpa mesin vakum). Ikan Bandeng Tanpa Duri ini 100% tanpa bahan pengawet, hanya bertahan dua hari dalam kondisi dingin (bukan beku), dan enam bulan dalam kondisi beku. Pemberdayaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) yang akan diimplementasikan adalah metode SLA (the sustainable livelihood approach). Target luaran dari dari KKN-PPM ini adalah ketersediaan tenaga terampil di bidang teknis pengolah ikan bandeng cabut duri, pendapatan mitra meningkat signifikan, ikan bandeng tanpa duri lebih awet, dan waktu penyelesaian proses produksi lebih efisien.


References


Budiharjo, A. 2009. Strategi Peningkatan Daya Tarik Pasar Produk Olahan Ikan Bandeng Presto Sebagai Komoditas Oleh-Oleh Khas Semarang. Jurnal Pena Akuatika, 1 (1): 69-75

Data Harga jual Ikan di Indonesia tahun 2012. http://www.pdn.kkp.go.id.

Depsos RI. 2013. Kebijakan Komite Penanggulangan Kemiskinan Kaitannya dengan Prospek PKAT.http://www.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=597.

Senjaya, K., dan R.H. Mustamu. 2013. Pengelolaan dan Pengembangan Usaha pada Perusahaan Pengolahan Ikan Bandeng di Sidoarjo. Jurnal Agora, 1 (1).

Rangka, N.A. dan A.I.J. Assad. 2010. Teknologi Budidaya Ikan Bandeng, Prosiding Teknologi Akuakultur, 187-203.

Bank Indonseia. 2007. Pola Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Bandeng Asap.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.