Pengabdian KKN-PPM Desa Wonorejo Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur

Saharuddin Saharuddin

Abstract


Melalui kegiatan KKN-PPM kita dituntut untuk mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kita diharapkan menjadi motivator dan fasilitator dari usaha pembangunan terutama di daerah pedesaan. Masyarakat dapat berbagi permasalahan yang ada dan mencari solusi dengan partisipasi peserta KKN-PPM, terjalin kerjasama dalam proses pembangunan di daerah setempat. Adapun tujuan atau target diharapkan dapat tercapai adalah: (a) menumbuhkan rasa solidaritas gotong royong antarwarga; (b) pelatihan penerapan pengajaran atau pembimbingan kurikulum TPA di setiap Mushalla; (c) mencegah anak-anak yang sudah merokok di usia dini; dan (d) melatih ibu-ibu rumah tangga agar bisa mengembangkan usaha industri rumah tangga dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarnya. Metode pelaksanaan kegiatan KKN-PPM dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan-pelatihan dengan melibatkan pemerintah dan masyarakat secara langsung. Beberapa hasil yang dicapai dari kegiatan KKN-PPM ini adalah terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman, tersedianya guru pengajar sesuai kurikulum TPA di setiap mushalla, tumbuhnya jiwa kewirausahaan ibu rumah tangga, dan tersedianya obat-obat alami dari tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga). 


References


Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI. 2013. Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi IX.

Karim, T. 2004. Panduan Kurikulum dan Pengajaran TKA/TPA. Jakarta: LPPTKA BKPRMI Pusat.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Program KKN-PPM, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dirjen DIKTI.

Republik Indonsia. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Soemarwoto, O. 1994. Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Bandung: Djambatan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.