Produksi dan Pemasaran Produk Olahan Rumput Laut Home Industry Tanjung Ketupat Desa Munte Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara

M. Risal

Abstract


Rumput laut merupakan salah satu kekayaan laut yang dapat dikembangkan menjadi komoditi berharga dan memiliki nilai jual tinggi. Rumput laut tidak hanya dibudidaya dan dijual dalam keadaan basa atau kering, juga dapat diolah dalam bentuk makanan olahan. Home industry merupakan salah satu aktivitas yang banyak melahirkan inovasi dalam berbagai bentuk dan jenis produk berkualitas tinggi. Sektor ini merupakan salah satu program pemerintah untuk membina para pelaku home industry dalam meningkatkan kualitas taraf hidup khususnya dalam bidang ekonomi. Kebutuhan formula rantai ekonomi bagi home industry mencakup kegiatan kreasi, produksi, hingga distribusi atau pemasaran sangat dibutuhkan. Pemerintah harus bersinergi dengan Perguruan Tinggi yang memiliki banyak sumber daya dengan melibatkan dosen dan mahasiswa melalui program KKN-PPM untuk menciptakan formula tersebut. Program tersebut sangat membantu pelaku home industry dalam memperoleh informasi, manajemen, serta keterampilan dan inovasi pembelajaran. Output yang diharapkan dari program ini adalah dapat meningkatkan produksi dan akses pemasaran produk olahan rumput laut, baik lokal maupun nasional, kualitas produksi dan daya tahan produk yang lebih baik, layanan informasi yang terbuka.  Metode yang dilakukan adalah mengunjungi home industry yang akan dibina, memberikan pendidikan dan pelatihan tentang informasi dan pemasaran pada home industry produk olahan rumput yang menjadi mitra.


References


Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, 2011.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Panduan Pelaksanaan Hibah Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)

Solomon, M.R. 2002. Consumer Behavior: Buying, Having and Being. New Jersey: Prentice Hall.

Sumodingrat. 2007. Pemberdayaan Usaha Kecil, Sarana Kajian Informasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.