PENGARUH IKLAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK MEREK WARDAH

Suhandi Suhandi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian produk lipstik merek Wardah. Populasi dalam penelitian ini mahasiswi Program Studi Manajeen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Bangsa. Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik probability sampling diperoleh sebanyak 71 orang sampel. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis pada uji t atau uji parsial menunjukan bahwa variabel iklan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Selanjutnya kepercayaan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Pengujian hipotesis pada uji simultan menunjukan bahwa iklan dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Kata Kunci: Iklan, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian.


Abstract

This study aims to determine the effect of advertising and consumer trust on purchasing decisions for Wardah brand lipstick products. The population in this study were students of the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Bina Bangsa University. Determining the number of samples using probability sampling techniques obtained as many as 71 samples. The data analysis method used in this study is a multiple linear regression analysis. The results of hypothesis testing on the t-test or partial test show that the advertising variable has a significant positive effect on the purchasing decision variable. Furthermore, consumer confidence has a significant positive effect on purchasing decision variables. Hypothesis testing in the simultaneous test shows that advertising and consumer trust have a significant positive effect on purchasing decision variables.

Keywords: Advertising, Consumer Trust, Purchasing Decisions.


References


Hamid, R. S., & Patra, I. K. (2019). PENGANTAR STATISTIKA UNTUK RISET BISNIS DAN EKONOMI Konsep Dasar dan Aplikasi SPSS versi 25. Banten: CV. AA. RIZKY.

Hamid, R. S., Bachri, S., Salju, S., Ikbal, M. (2019). Panduan Praktis Ekonometrika Konsep Dasar dan Penerapan Menggunakan Eviews 10. Banten: CV. AA. RIZKY.

Kertamukti, R. (2015). Strategi kreatif dalam periklanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Metode Penelitian Kuantitatif & kualitatif, Journal of Experimental Psychology: General (2010).

Meliana, M., Sulistiono, S., & Setiawan, B. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(3), 247–254.

Pawitri, N. E., & Sholeha, M. (2019). PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA MOBILIO (Survei Pada Pengguna Honda Mobilio di Karawang). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2), 34–41.

Sugiyono. (2016). Definisi dan Operasionsl Variabel Penelitian. Definisi Dan Operasionsl Variabel Penelitian.

Susilo, H., Haryono, A. T., & Mukeri, M. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen dengan keputusan berkunjung sebagai variabel intervening di Hotel Amanda Hills Bandungan. Journal of Management, 4(4).

Sutrisno, Cahyono, D., & Qomariah, N. (2017). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN SERTA CITRA KOPERASI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS ANGGOTA. Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v6i2.605

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times