PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PARIWISATA INDONESIA

Enik Rahayu, Wenefrida Ardhian Ayu Hardiani, Henry Yuliamir

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik, lingkungan belajar, dan dukungan keluarga terhadap semangat belajar mahasiswa Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu mahasiswa Program Pascasarjana yang berjumlah 98 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga semua anggota populasi diajdikan sebagai sampel sebanyak 98 orang sampel. Hasil penelitian yaitu motivasi intrinsik berpengaruh negatif terhadap semangat belajar, lingkungan belajar, berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat belajar, dan dukungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat belajar.

Kata kunci: Motivasi Intrinsik, Lingkungan Belajar, Dukungan Belajar, Semangat Belajar.


Abstract

This study aims to determine the effect of intrinsic motivation, learning environment, and family support on students' enthusiasm for learning at the Postgraduate Program at the Indonesian Tourism Economics College (STIEPARI) Semarang. The population used in this study were 98 students in the Postgraduate Program. The sample is determined using a saturated sampling technique so that all members of the population are treated as a sample of 98 people. The results showed that intrinsic motivation had a negative effect on enthusiasm for learning, the learning environment, had a positive and significant effect on enthusiasm for learning, and family support had a positive and significant effect on enthusiasm for learning.

Keywords: Intrinsic Motivation, Learning Environment, Learning Support, Learning Spirit.


References


Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Tero X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 2(1).

Naibaho, H., & Adi, F. (2010). Pengaruh lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa (studi kasus Universitas Pelita Harapan Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(1), 22–26.

Pujadi, A. (2007). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA: STUDI KASUS PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BUNDA MULIA. Business Management Journal, 3(2).

Sardiyanah, S. (2020). BELAJAR DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. 7(1).

Setiawan, R. (2010). Analisis Pengaruh Faktor Kemampuan Dosen, Motivasi Belajar Ekstrinsik dan Intrinsik Mahasiswa, Serta Lingkungan Belajar Terhadap Semangat Belajar Mahasiswa Di Departmen Matakuliah Umum Universitas Kristen Petra. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(2), 229–244.

Hamid, R. S., & Patra, I. K. (2019). PENGANTAR STATISTIKA UNTUK RISET BISNIS DAN EKONOMI Konsep Dasar dan Aplikasi SPSS versi 25. Banten: CV. AA. RIZKY.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, A. R., Lubis, Z., & Syarifah, S. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP DIET HIPERTENSI DI DESA HULU KECAMATAN PANCUR BATU TAHUN 2016. Jurnal Kesehatan. 11(1).

Naibaho, H., & Adi, F. (2010). Pengaruh lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa (studi kasus Universitas Pelita Harapan Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(1), 22–26.

Aini, S. N., ES, D. P., & Saptono, A. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikasi Diri terhadap Motivasi Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 22–50.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v6i2.600

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times