ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF PANDEMIC COVID 19, FAMILY SUPPORT, AND STUDY MOTIVATION TOWARDS INTERESTS IN EDUCATION (STUDY IN INDONESIAN TOURISM ECONOMIC HIGH SCHOOLS)

Wenefrida Ardhian Ayu Hardiani, Enik Rahayu, Mengku Marhendi

Abstract


Abstract

This study aims to determine the effect of the Covid 19 pandemic, family support, and learning motivation on interest in entering higher education. The population used is prospective new students from the two study programs of the Indonesian School of Tourism Economics (STIEPARI) Semarang. Determination of the number of samples in this study using purposive sampling technique and obtained a sample of 75 respondents. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The results showed that the Covid-19 pandemic had a negative effect on interest in going to college, family support and learning motivation had a positive and significant effect on interest in entering higher education at the Indonesian Tourism Economics College (STIEPARI).

Keywords: Covid-19 Pandemic, Learning Support, Learning Motivation, Interest to Enter Higher Education.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pandemi Covid 19, dukungan keluarga dan motivasi belajar terhadap minat masuk perguruan tinggi. Populasi yang digunakan yaitu calon mahasiswa baru dari dua program studi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 75 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pandemi covid-19 berpengaruh negatif terhadap minat masuk ke perguruan tinggi, dukungan keluarga dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masuk perguruan tinggi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI).

Kata kunci: Pandemi Covid-19, Dukungan Belajar, Motivasi Belajar, Minat Masuk Perguruan Tinggi.


Full Text:

PDF

References


Ahmad D. Marimba. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriani, K. (2014). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kendal. Economic Education Analysis Journal, 3(1).

Hamid, R. S., & Patra, I. K. (2019). PENGANTAR STATISTIKA UNTUK RISET BISNIS DAN EKONOMI Konsep Dasar dan Aplikasi SPSS versi 25. Banten: CV. AA. RIZKY.

Hamid, R. S., Modding, B., & Hasan, S. (2019). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN LOYALITAS PELANGGAN Belajar dari Unsur Spot Iklan Telkomsel. Banten: CV. AA. RIZKY.

Lestari, I. (2020). ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP NIAT UNTUK MENGGUNAKAN KEMBALI LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 9(1). 27-35.

Megawanti, P. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Faktor UNINDRA, 7(2), 75-82.

Putratama, R. (2020). Pengaruh Cuaca dan Iklim Terhadap Pandemi COVID-19. BADAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI, DAN GEOFISIKA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Sulistyawati, N. L. G. A., Herawati, N. T., Ak, S. E., & Julianto, I. P. (2018). Pengaruh Minat, Potensi Diri, Dukungan Orang Tua, dan Kesempatan Kerja Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v6i2.599

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.