ANALISIS KEBERADAAN PASAR RETAIL INDOMARET DAN ALFAMARET TERHADAP PEMASARAN PRODUK HASIL USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA PANDEGLANG

Suflani Suflani, Ahmad Mukhlis, Nurhasan Nugroho

Abstract


Abstrak

Pandeglang merupakan sebuah daerah yang banyak menghasilkan produk hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dalam menjalankan usahanya para pelaku UMKM di Kota Pandeglang banyak mengalami hambatan salah satunya adalah cara memasarkan produk. Keberadaan pasar retail Indomaret dan Alfamaret belum memberikan dampak secara langsung kepada para pelaku UMKM, karena produk hasil olahan mereka belum bisa di pasarkan di pasar retail, baik di Indomaret dan Alfamaret. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa keberadaan pasar retail dalam hal ini Indomaret dan Alfamaret yang ada di Kota Pandeglang. Pendekatan penelitian yang di gunakan adalah kualitatif melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian di sajikan dalam bentuk data. Metode analisis yang di gunakan adalah analisis SWOT, dengan menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman produk hasil olahan para pelaku UMKM di Kota Pandeglang. Penelitian ini menghasilkan beberapa strategi diantaranya, strategi pengembangan potensi produk hasil olahan UMKM, strategi pengembangan sumber daya manusia, strategi pengembangan kelembagaan, adanya peraturan daerah, dan strategi pengenalan teknologi informasi, diharapkan dengan penerapan beberapa strategi tersebut diatas dapat membantu produk hasil olahan UMKM di Kota Pandeglang, bisa dipasarkan di Indomaret dan Alfamaret yang ada di Kota Pandeglang.

Kata kunci: Pasar, Retail, Pemasaran, Produk, UMKM.


Abstract

Pandeglang is an area that produces a lot of products from Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). In running their business, MSME players in Pandeglang City experience many obstacles, one of which is how to market their products. The existence of the Indomaret and Alfamart retail markets has not had a direct impact on MSME players, because their processed products cannot yet be marketed in the retail market, both in Indomaret and Alfamart. The purpose of this study is to analyze the existence of the retail market, in this case, Indomaret, and Alfamart, in the city of Pandeglang. The research approach used is qualitative through a process of observation, interviews, and documentation, then presented in the form of data. The analytical method used is a SWOT analysis, by analyzing the strengths, weaknesses, opportunities, and threats of processed products by MSME actors in the City of Pandeglang. This research resulted in several strategies including, strategies for developing the potential of MSME processed products, human resource development strategies, institutional development strategies, the existence of regional regulations, and strategies for the introduction of information technology. Pandeglang can be marketed in Indomaret and Alfamart in the city of Pandeglang.

Keywords: Market, Retail, Marketing, Products, MSMEs.


References


Hall, D., Astuti, W., & Rini, E. F. (2019). FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN LOKASI SHOPPING MALL DI KOTA SURAKARTA. Desa-Kota. https://doi.org/10.20961/desa-kota.v1i2.12552.121-129

Levy, M and Weitz B.A.2012. Retailing Managemen 8th edition, New York: Me. Graw Hill/Irwin.

Peraturan Presiden No. 112 Tahun 2007 Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 53 tahun 2008. tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional.

Qamaruddin, M. Y., Sapar, S., Risal, M., & Hamid, R. S. (2019). STRATEGI SIAPA MAU KERJA APA DALAM PENGEMBANGAN MODEL QUADRUPLE HELIX SINERGITAS ANTARA PEMERINTAH, PERGURUAN TINGGI, INDUSTRI, DAN MASYARAKAT. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 4(2).

Sharma, Bal.Mukand.(2008). Strategic Retail Management. Jaipur, INDIA: Global Media.

Undang-Undang No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Ustriaji, F. (2017). ANALISIS DAYA SAING KOMODITI EKSPOR UNGGULAN INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 14(2), 149-159.

Widagdyo, K. G. (2015). ANALISIS PASAR PARIWISATA HALAL INDONESIA. Tauhidinomics. 1(1), 73-80.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v6i2.597

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times