STRATEGI PROMOSI PENGELOLAAN WISATA PANTAI UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA TSUNAMI SELAT SUNDA DI KABUPATEN PANDEGLANG

Ihwan Satria Lesmana, Abdul Bahits, Mohamad Bayi Tabrani

Abstract


Abstrak

Sektor pariwisata pantai Kabupaten Pandeglang Banten, merupakan sektor yang diunggulkan dan berkontribusi terhadap Pendapatan Daerah Kabupaten Pandeglang. Tsunami selat sunda yang terjadi pada tanggal 22 Desember 2018, telah menghancurkan wisata Pantai yang ada di Kabupaten Pandeglang mulai dari Kawasan Pantai Carita sampai Kecamatan Sumur. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisa penerapan strategi promosi pengelolaan wisata pantai pasca tsunami Selat Sunda yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang bekerja sama dengan beberapa pelaku usaha wisata yang ada di sekitar pantai di Kabupaten Pandeglang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis SWOT dengan menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimilki potensi wisata pantai yang ada di Kabupaten Pandeglang. Hasil dari penelitian ini menunjukan perlu adanya penerapan beberapan strategi diantaranya: strategi promosi yang berkelanjutan, startegi pengembangan sumber daya manusia, strategi pengembangan potensi wisata pantai, strategi engembangan kelembagaan, diharapakan dengan penerapan beberapa strategi tersebut diatas dapat membantu dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke wisata pantai yang ada di Kabupaten Pandeglang Pasca Tsunami Selat Sunda.

Kata kunci: Strategi, Promosi, Wisata, Pantai, Tsunami.


Abstract

The coastal tourism sector of Pandeglang Regency, Banten, is a sector that is favored and contributes to the Regional Revenue of Pandeglang Regency. The Sunda Strait tsunami that occurred on 22 December 2018, has destroyed beach tourism in Pandeglang Regency starting from the Carita Beach Area to Sumur District. The purpose of this study was to determine and analyze the implementation of the promotion strategy for coastal tourism management after the Sunda Strait tsunami carried out by the Pandeglang Regency Tourism Office in collaboration with several tourism businesses around the coast in Pandeglang Regency. The analytical method used in this research is the SWOT analysis method by analyzing the strengths, weaknesses, opportunities, and threats that have the potential for coastal tourism in Pandeglang Regency. The results of this study indicate the need to implement several strategies including sustainable promotion strategies, human resources development strategies, coastal tourism potential development strategies, institutional development strategies, it is hoped that the implementation of some of the strategies mentioned above can help increase tourist visits to coastal tourism. in Pandeglang Regency Post-Sunda Strait Tsunami.

Keywords: Strategy, Promotion, Tourism, Beach, Tsunami.


References


Fachriza, F. I., & Moeliono, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mild. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis. https://doi.org/10.31311/JECO.V1I2.1332

Khotimah, K., & Wilopo, W. (2017). Strategi pengembangan destinasi pariwisata budaya (Studi kasus pada kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Bisnis, 42(1), 56–65.

Peraturan Pemerintah terkait Kepariwisataan yaitu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Qamaruddin, M. Y., Sapar, S., Risal, M., & Hamid, R. S. (2019). STRATEGI SIAPA MAU KERJA APA DALAM PENGEMBANGAN MODEL QUADRUPLE HELIX SINERGITAS ANTARA PEMERINTAH, PERGURUAN TINGGI, INDUSTRI, DAN MASYARAKAT. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 4(2). 13-23.

Saputra, G., & Gede, I. (2016). Respon Wisatawan Terhadap Pengembangan Batur Global Geopark Bali. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 2(2), 77–94.

Suwantoro, G. (2002). Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v6i2.595

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times