STRATEGI PENGEMBANGAN TEMPAT WISATA RELIGI UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI GUNUNG SANTRI DESA BOJONEGARA KECAMATAN BOJONEGARA KABUPATEN SERANG BANTEN

Abdul Bahits, Mochamad Fahru Komarudin, Raden Irna Afriani

Abstract


Abstrak

Pemerintah daerah Kabupaten Serang terus berusaha untuk mengembangkan sektor wisata, salah satunya pengembangan kawasan wisata religi gunung santri yang terletak di Desa Bojonegara Kecamatan Bojonegara Serang.Namun sampai saat ini pengelolaan kawasan wisata religi gunung santri belum optimal, sarana dan prasarana yang belum memadai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisa strategi pengembangan yang tepat yang dilakukan oleh Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Serang, Desa Bojonegara, pengelola dan warga sekitar Bojonegara dalam pengembangan wisata religi Gunung Santri sebagai kawasan strategi wisata religi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisa yang digunakan adalah analisis SWOT dengan menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang di miliki kawasan wisata religi gunung santri. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perlu adanya penerapan beberapa strategi pengembangan diantaranya yaitu strategi pengembangan potensi wisata religi, pengembangan sumber daya manusia, strategi pengembangan sarana dan prasarana, strategi pengembangan kelembagaan, strategi promosi yang tepat sasaran. Diharapkan dengan penerapan beberapa strategi pengembangan tersebut diatas bisa memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dalam pengelolaan wisata religi gunung santri yang ada di Desa Bojonegara Kecamatan Bojonegara  Serang, sehingga kunjungan wisatawan dalam hal para peziarah bisa meningkat dengan demikian secara tidak langsung bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Bojonegara Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang Banten.

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Wisata, Religi.


Abstract

The local government of the Serang Regency continues to strive to develop the tourism sector, one of which is the development of the religious tourism area of the mountain santri which is located in Bojonegara Village, Bojonegara Serang District. However, until now the management of the religious tourism area of Mount Santri has not been optimal, the facilities and infrastructure are inadequate. The purpose of this study is to determine and analyze the strategy for developing religious tourism in Mount Santri. The informants in this study were determined using the snowball sampling technique. The analytical method used is a SWOT analysis by analyzing the strengths, weaknesses, opportunities, and threats of the religious tourism area of the mountain santri. The results of this study indicate that it is necessary to implement several development strategies including strategies for developing the potential for religious tourism, human resource development, strategies for developing facilities and infrastructure, strategies for institutional development, and promotion strategies that are right on target. It is hoped that the implementation of some of the aforementioned development strategies can provide a chance for a better direction in the management of religious tourism of the mountain santri in Bojonegara Village, Bojonegara Serang District so that tourist visits in terms of pilgrims can increase thereby indirectly increasing the economy of the Village community. Bojonegara, Bojonegara District, Serang Regency, Banten.

Keywords: Strategy, Development, Tourism, Religion.



DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v6i2.593

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times