PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA MOBILIO (Survei Pada Pengguna Honda Mobilio di Karawang)

Nanda Eka Pawitri, Mulyani Sholeha

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan inovasi produk terhadap
keputusan pembelian Honda Mobilio. Variabel dependen pada penelitian ini adalah Keputusan Pembelian (Y), dan variabel independen adalah Promosi (X1) dan Inovasi Produk (X2). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling, yaitu dengan teknik purposive sampling terhadap 100 orang yang membeli produk Honda Mobilio melalui penyebaran kuesioner (angket). Uji instrument dilakukan pada penelitian ini adalah dengan uji validitas dan uji reabilitas. Metode analisis data dilakukan menggunakan uji statistic data deskriptif dan verifikatif. Data verifikatif menggunakan uji asumsi klasik, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi () dengan menggunakan program Software SPSS versi 16.0 dan Lisrel versi 8.8. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh promosi dan inovasi produk secara simultan terhadap keputusan pembelian Honda Mobilio. Berdasarkan hasil uji parsial dapat dilihat bahwa promosi dan inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Mobilio.

Kata kunci: Promosi, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian.



Abstract

This study aimed to determine the effect of product promotion and innovation on Honda Mobilio purchasing decisions. The dependent variable in this study was the Purchasing Decision (Y), and the independent variables are Promotion (X1) and Product Innovation (X2). The population in this study were Honda Mobilio users in Karawang. The sample was determined by purposive sampling technique, with 100 respondents. Data collection techniques in this study were primary data that is obtained through questionnaires (questionnaire). The analysis technique used in this study is the instrument test (validity and reliability test), the classic assumption test, hypothesis testing, and the coefficient of determination using the SPSS software program version 16.0 and the Lisrel Program. The results showed a simultaneous influence of product promotions and innovations on Honda Mobilio's purchasing decisions. Based on the partial test results, it can be seen that product promotion and change have a positive and significant effect on the purchase decision of Honda Mobilio.

Keywords: Promotion, Product Innovation, Purchasing Decisions.


References


Abshor, M. U., Hasiholan, L. B., & Malik, D. (2018). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TORABIKA DUO (Studi Kasus Di Area Kabupaten Demak). Journal of Management, 4(4)

Erdiana, Nila. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kesadaran Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Mobilio di Kota Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro Semarang.

Sekaran, Uma dan Bougie, R. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan. Pengembangan-Keahlian. Jakarta. Salemba Empat

Siswanto, A., Haryono, A. T., & Fathoni, A. (2018). PENGARUH INOVASI PRRODUK, EKSPEKTASI INOVASI DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL DAIHATSU SIGRA DI SEMARANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Journal of Management, 4(4).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,

Susanto, A. (2013). Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Batik Tulis Karangmlati Demak. Tesis Universitas Negeri Semarang. (https://lib.unnes.ac.id/18429/)

www.motoris.id




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v5i2.406