FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN WISATAWAN (Studi Kasus Water Blaster Semarang)

ray octafian, dyah palupiningtyas

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Water Blaster Semarang dengan tujuan untuk menganalisa serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan di Water Blaster Semarang dimana dalam beberapa bulan terakhir ini ada penurunan jumlah wisatawan dengan jumlah yang cukup signifikan. Kepuasan ketika seseorang berkunjung ke suatu daya tarik wisata yang menyediakan produk dan layanan jasa sangat diperhatikan oleh manajemen dari Water Blaster Semarang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif yang pengolahan data dibantu oleh program SPSS 16 for windows, dimana data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner.Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil penelitian yaitu berdasarkan uji t bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan di Water Blaster Semarang dan varaibel bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan di Water Blaster Semarang. Selanjutnya berdasarakan uji F bahwa kualitas pelayanan dan bauran promosi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan wisatawan Water Blaster Semarang, dan variabel kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Water Blaster Semarang.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Bauran Promosi, dan Kepuasan Wisatawan.

 

 

Abstract

This research was conducted at Semarang Water Blaster. The aimed to analyze and find out the factors that influence tourist satisfaction at Semarang Water Blaster where in recent months, there has been a significant decrease in the number of tourists. Achievement, when someone visits a tourist attraction that provides products and services, is highly considered by the management of the Water Blaster Semarang. This research conducted using a quantitative approach that data processing was assisted by the SPSS 16 for windows program, where the research data obtained through questionnaires. Samples used in the study were 100 respondents selected using the Accidental Sampling technique. The results of the survey based on the t-test that service quality variables significantly influence tourist satisfaction in Water Blaster Semarang and promotional mix variables have a significant effect on tourist satisfaction in Water Blaster Semarang. Furthermore, based on the F test that the quality of service and promotion mix simultaneously affect the achievement of Water Blaster Semarang tourists, and the service quality variable is the most dominant variable affecting the Water Blaster Semarang.

Keywords: Service Quality, Promotion Mix, and Tourist Satisfaction.


References


Hamid, R. S., & Patra, I Ketut. 2019. PENGANTAR STATISTIKA UNTUK RISET BISNIS DAN EKONOMI Konsep Dasar dan Aplikasi SPSS versi 25. Banten: CV. AA. RIZKY.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2014 . Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.

Wibowati, Januar Ida. 2015. Pengaruh Promosi Peningkatan Penjualan Pada PT. Home Center Indonesia (INFORMA) Palembang. Jurnal Manajemen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Palembang. 3(4).




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v5i2.362