PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE SAMSUNG PADA TOKO CENTRO PALOPO

Agunawan Andis, M Risal, Halim Usman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian Handphone Samsung pada Toko Centro Palopo. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling atau pengambilan sampel secara tidak acak dengan teknik purposive sampling terhadap 100 orang yang membeli produk Handphone Samsung. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Metode analisis data dilakukan menggunakan uji statistik deskriptif dan uji hipotesis (analisis regresi linear berganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Handphone Samsung, harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Handphone Samsung dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Handphone Samsung. Simpulan dari penelitian ini adalah baik kualitas produk harga maupun promosi yaitu sama-sama memiliki hasil signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian.


References


Anwar, I . 2010. Sejarah telepon seluler. http:// teknologi.kompasiana.com/ gadged/2010/02/17/ sejarah-telepon-seluler/

Basu Swasta dan Irawan. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Bayu Prawira dan Ni Nyoman Kerti Yasa. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar.

Fandy Tjiptono. 2013. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayat, Rachmat. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepusan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Jogiyanto, H. M 2010. Analisis Rancangan Sistem Informasi: pendekatan terstruktur dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Kinnear, Thomas C. dan James R. Taylor. 1995. Marketing Research. New York: McGraw Hill Text.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, P. dan Amstrong, G. 2011. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gray. 2011. 10th edition. Marketing an introduction. Indonesia. Pearson.

Kotler, Philip & Garry Armstrong, 2010, Principles of Marketing, Twelfth Edition, (Terjemahan Bob Sabran), Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi kesebelas. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi Dan Kontrol. Terjemahan Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusly. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, P. dan Amstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Keduabelas Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Amstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Ketigabelas Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, Kevin L. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas Jilid 2. Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kumala. 2012. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tune Hotels Kuta Bali. Skripsi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Mullin, John W, dan Orville C Walker. 2014. Marketing Management A Strategic Decision. fifth edition. New York: McGraw Hill.

Sukrino, Sadono. 2012. Mikroekonomi Teori Pengantar. Catatan ke-19 dan ke-27. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Shandy Widjoyo dan Prof. Dr. Hartono Samuel. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2. No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v5i1.345

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

 

 

Indexing In

 

Tools