PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA PT. TELKOM KOTA PALOPO

Irawati Irawati, Salju Salju, Hapid Hapid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sistem informasi manajemen terhadap kualitas laporan keuangan pada PT. Telkom kota palopo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil objek pada karyawan PT. Telkom kota palopo. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Metode analisis data mengggunakan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan atau staf yang berada pada PT. Telkom kota palopo. Dari total 45 kuesioner yang tersebar hanya ada 45 kuesioner dari responden yang kembali dan dapat diolah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian untuk mengetahui antar variabel adalah analisis regresi sederhana dan pengujian hipotesis dengan bantuan software spss 21 for windows untuk mengolah data. Berdasarkaan hasil analisis terdapat pengaruh penggunaan sistem informasi manajemen terhadap kualitas laporan keuangan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari tingkat alpha 0,05.

Kata kunci : Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Dan Kualitas Laporan Keuangan


References


Amsyah, Zulkifli. (1997). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka

Agoes, Sukrisno dan Estralita Trisnawati. (2012). “Akuntansi Perpajakan”. Edisi 2 Revisi.Jakarta : Salemba empat.

Bens, D.A., and Monahan, S.J. (2002). Disclosure quality and the excess value ofdiversification.Dalam Journal of Accounting Research.

Daft, Richard L. 2002. Manajemen, Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat

Dwi, Prastowo. (2011). Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi.Edisi Ketiga.Cetakan Pertama.Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Hessel, Nogi S. Tangkilisan. (2007). Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo

Hery. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryani, dan Imbar. (2008), Analisis Komunikasi, Motivasi, dan Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. Arisamandiri Pratama. Jurnal Manajemen.

Istianingsih dan Setyo H Wijanto. (2008). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, PerceivedEserfulness, dan kualitas informasi Terhadap kepuasa Pengguna. Simposium Nasional Manajemen.

Iman, Abdurachman (2009) pengaruh kompetensi aparatur terhadap kualitas laporan keuangan organisasi perangkat daerah Bandung; Universitas padjadjaran.

Jogiyanto, (2005). (a) Jogianto HM, Analisa dan Design Sistem Informasi Andi Offset. Yogyakarta

. (2005). (b) Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta.Penerbit Andi Offset.

Kusrini, M.kom dan Andri Koniyo, 2007, Tuntunan Praktis membangun sistem informasi Akuntansi Dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server, Yogyakarta : ANDI

Kasmir, 2008, Analisis Laporan Keuangan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Laporan Keuangan,http://etalasepustaka.blogspot.co.id (diakses 10 Januari 2017).

Lyn M. Fraser dan Aileen ormiston, 2008. Memahami Laporan keuangan, Edisi Ketujuh, Indeks. Jakarta (Terjemahan).

Mulyono, I. 2009. Uji Empiris Model Kesuksesan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) Dalam Rangka Peningkatan Transparansi Dan Akuntabilitas Keuangan Daerah. Jurnal Ilmiah Akuntansi SNA 12 Palembang

Mc.Loed dan Schell. 2001. Sistem Informasi Manajemen.(online), (Jurnal Capacity STIE AMKOP Makassar)

http://eprints.ums.ac.id/12619/3/Ghilar_Adhitya_Bab_I.pdf (diakses 25 Desember 2016)

Pradikto, Aryo. 2008. Dampak Kualitas Produk Informasi Kepuasan Kerja Pengguna Sistem Informasi Manajemen Kota Jogjakarta.Skripsi. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta

Raymond Mcleod, Jr., 1996, Sistem Informasi Manajemen, Prenhallindo, Jakarta.

Syamsi, Ibnu. 2000. Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Sutabri, Tata .2005.Sistem Informasi Manajemen.2005. Jakarta.

Susanto, 2004, Sistem Informasi Akuntansi Edisi Pertama. Lingga Jaya Bandung.

Scott, George M.2001. “Prinsip-prinsip Sistem Informasi Manajemen”Terjemahanoleh Achmad Nashir Budiman.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Zulaikha dan Radityo, Dody. 2008. “Kesuksesan Pengembangan Sistem Informasi: Sebuah Kajian Empirik dengan DeLone and MacLean Model” Jurnal MAKSI.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v3i2.302