PENGARUH PEMBERIAN KREDIT TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN INDUSTRI KECIL DI KOTA PALOPO

Imran Ukkas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pemberian kredit oleh Dinas Koperindag Kota Palopo dalam meningkatkan pendapatan per bulan Industri Kecil di Kota Palopo pada tahun 2012. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dari analisis tersebut akan diperoleh informasi tentang efektifitas pemberian kredit. Sedangkan uji hipotesa yaitu dengan uji t. Adapun sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, dimana sampel yang diambil merupakan keseluruhan jumlah populasi yakni 21 industri kecil di Kota Palopo yang menerima bantuan kredit. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian kredit terhadap tingkat pendapatan industri kecil. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat diimplementasikan oleh Dinas Koperindag Kota Palopo dalam perencanaan pengembangan Industri Kecil di Kota Palopo pada tahun mendatang.

References


Algifari. 2000, Analisis Regresi, edisi kedua, BPFE, Yogyakarta.

Desanto, Rino. 2007. Pengaruh Pemberian Kredit terhadap Tingkat Pendapatan Industri Kecil Kota Madiun. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Madiun.

Djarwanto. 2001. Mengenal Beberapa Uji Statistik Dalam Penelitian. Yogyakarta. Penerbit Liberty Yogyakarta.

Fitria, Nurul. dkk. 2012. Analisis Kebijakan Pemberian Kredit dan Pengaruh Non Performing Loan terhadap Loan to Deposit Ratio pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero), tbk Cabang Rantau, ACEH tamiang. (periode 2007-2011). Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol.1, No.1.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2002. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat. Menteri Perindustrian R.I. 2007. Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 78/M-IND/PER/9/2007. Jakarta.

Mukujat. (1985). Kamus Manajemen, Penerbit Alumni, Bandung. Perkreditan Rakyat. http://www.software602.com/. Diunduh 25 April 2013.

Suwandi. (1982). Koperasi Organisasi Ekonomi Yang Berwatak Sosial. Penerbit Baratara Karya Aksara. Jakarta.

Undangâ€Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undangâ€Undang No.7 Tahun 1992

Undang-Undang No 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan

Ustafiano. 2001. Laporan Akhir Penelitian: Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Tingkat Pendapatan

Anggota Koperasi Unit Desa (KUD) Kelompok Tani Sumber makmur Kecamatan Mestong Dati II Batanghari. UPBJJ-UT Jambi.

Widodo, Sri. Pengaruh Pemberian Kredit Modal Kerja terhadap Penghasilan Petani Ikan. Fakultas Ekonomi Universitas PGRI. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v1i1.25

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

 

 

Indexing In

 

Tools