PENGARUH PHYSICAL SUPPORT DAN CONTACT PERSONEL TERHADAP CITRA (IMAGE) PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ANDI JEMMA MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

Rahmad Solling Hamid, Muhammad Ikbal

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Physical Support dan Contact Personel terhadap Citra Rumah Sakit Umum Andi Djemma Masamba Kabupaten Luwu Utara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah pasien Rumah Sakit Umum Daerah Andi Jemma Masamba Kabupaten Luwu Utara selama periode penelitian yang berjumlah ± 1.800 pelanggan/pasien. Sampel penelitian ini ditentukan menurut pendapat (Arikunto, 2003:120), jika populasinya diatas 100 maka diambil prosentasenya, sesuai kemampuan peneliti. Selanjutnya apabila jumlah subyek lebih besar dari 100 dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% atau lebih sesuai dengan kemampuan peneliti dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 180 sampel, dengan teknik yaitu purposive sampling. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Regresi Linier Berganda, dimana variabel bebasnya terdiri dari Physical Support dan Contact Personal sedangkan untuk variabel dependen yaitu Citra Rumah Sakit. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil uji secara simultan (Uji F) diketahui bahwa tingkat signifikan sebesar 0,000 lebih kecil jika dibandingkan dengan tingkat α = 5% berarti bahwa semua variabel bebas yang meliputi Physical Support dan Contact Personal, secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Citra Rumah Sakit. Sedangkan untuk (Uji-t) untuk variabel Physical Support berpengaruh positif signifikan terhadap Citra Rumah Sakit. Dengan besaran koefisien regresi yaitu 0,095 atau 9,5% dengan tingkat signifikan 0,008. Sedangkan
untuk variabel Contact Personal memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Citra Rumah Sakit. Dengan
besaran koefisien regresi yaitu 0,561 atau 56,1% dengan tingkat signifikan 0,000.

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta:Bina.

Aksara.

Fox, L. Et al. 2003. The Teaching Pyramid: A Model For Supporting Social Competence and preventing challenging behavior in young Children. Young

Children 58 (4).

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro: Semarang.

Hardiman, A. 2003. Rumah Sakit Indonesia Belum Siap Bersaing. Melalui

http://www/kompas.com/kompascetakr/0412/22/humaniora1455383html-

k.4/21/04.

Kotler, P. 2003. Marketing Management. Engelwood Cliffs: Prentice Hall International Inc. A Division of Simoon and Scuster.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran . Erlangga, Jakarta

Kotler dan Keller, 2012, Marketing Management Edisi 14, Global Edition.Pearson. Prentice Hall. Lamb, et. al. 2001. Pemasaran Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Morgan, R and Hunt, S. 1994. The Commitment-Trust Theory of The

Relationship Marketing. Journal of Marketing Research, Vol. 58, July

Nguyen, Nha and Gaston Leblanc. 2002. Contact Personnel, Physical Environment and Perceived Corporate Image of Intangible Services by New Clients. International Journal of Service Industry Management 13: 242-262.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/Menkes/Per/III/2010

Puspita, Ita. 2009. Hubungan antara persepsi pasien tentang kualitas dengan citra Rumah sakit Umum Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Tesis. Universitas Sumatera Utara, Tidak dipublikasikan.

Putu, Lussyani. 2012. Pengaruh Sistem Penyampaian Jasa Terhadap Citra

Rumah Sakit dan Kepercayaan Pelanggan di Instalasi Pavilium Amerta RSUP Sanglah Denpasar. Tesis. Universitas Udayana. Diakses pada:

/4/2015 (http://www.pps.unud.ac.id/thesis/detail-

-pengaruh-sistem-penyampaian-jasaterhadap-citra-rumah-sakit-dankepercayaan-pelanggan-di-instalasipaviliun-amerta-rsup-sanglahdenpasar.html).

Rahab. 2011. Peran Dukungan Fisik dan Kontak Personal Pada Peningkatan

Citra Rumah Sakit Milik Pemerintah. Proceding Seminar Akademik Manajemen dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahab dan Alisa Tri Nawarini. 2012. Peningkatan Citra dan Kepercayaan

Masyarakat Pada Rumah Sakit Milik Pemerintah Melalui Perbaikan Sistem

Penyampaian Jasa. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan.Tahun 1, No.1

Setiorini, Indah Letari. 2010. Pengaruh Physical Support Dan Contact Personel Terhadap Citra (Image) Dan Kepercayaan Pasien Pada Rumah Sakit

Umum Situbondo. Skripsi. Universitas Jember, Tidak dipublikasikan.

Singgih Santoso. 2016. Panduan Lengkap SPSS Versi 23. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta: Bandung.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS. Andi:

Yogyakarta.

Suroso, Imam. 2011. Pengaruh Physical Support dan Contact Personnel terhadap Citra (Image) dan Kepercayaan Pasien pada Rumah Sakit Umum Tuban. Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 9 Nomor 3.

Trisnantoro, L. 2005. Aspek Strategis Manajemen Rumah Sakit, Antara Misi Sosial dan Tekanan Pasar. Yogyakarta: Andi Offset.