ANALISIS PENGEMBALIAN INVESTASI PADA INDUSTRI MEUBEL CV. MARADDA KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

Samsul Bachri, Hapid Hapid, Risma Risma

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis jumlah hasil rata-rata pengembalian investasi pada industri Meubel CV. Maradda Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Metode Avarage Rate Of Rettrun (ARR), Payabac Period (PP).Hasil penelitian maka dapat di analisis rata-rata pengembalian investasi awal setiap tahun sebesar 26,69%.Jika hasil rata-rata pengembalian investasi yang diharapkan sebesar 20% sesuai dengan suku bunga pinjaman dari lembaga keuangan (Bank) yang berlaku pada tahun yang sama setiap tahun, maka usulan investasi layak diterima karena hasil analisis diperoleh 26,69% per tahun lebih besar dari pada ARR yang diharapkan.Analisis investasi dengan menggunakan metode payback period (PP) yang bertujuan untuk mengetahui waktu (tahun) pengembalian investasi awal. Berdasarkan data tersebut di atas, maka selanjunya Payback Period (PP) dapat di analisis dengan asumsi bahwa laba setelah pajak (proceeds) stabil setiap tahun selama 3 tahun 8 bulan 29 hari. Kemudian Hasil analisis Dengan Metode Payback Periods (waktu pengembalian investasi awal) selama 3 tahun 8 bulan 29 hari. Sedangkan umur ekonomis investasi 10 tahun, maka usulan investasi sangat layak karena waktu pengembalian investasi lebih cepat dari pada umur ekonomis investasi pada industri meubel Cv. Maradda.Dengan demikian, maka diusulkan untuk diterima dan dilanjutkan kegiatan operasionalnya.

References


Awat J. Napa. 1999. Manajemen Keuangan. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Fuad, M, dkk. 2001,Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Helfret Ericka A, 1996, Teknik Analisa Keuangan, Penerbit Erlangga, Jakarta,

Husnan Suad dan Suwarno, 1994,Studi Kelayakan Proyek, Penerbit UPP AMP YKPN.Yogyakarta.

Husnan, Suad, Manajemen Keuangan, Penerbit UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

J. Supranto, 1982,Teknik Riset Pemasaran dan Peramalan Penjualan, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Kasmir dan Jafkar,2003,Studi Kelayakan Bisnis, Penerbit Prenada Media, Jakarta.

Khotler, Philip, 2000,Manajemen Pemasaran, Penerbit PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Philip. 1997. Marketing Management Analysis, Planning, Implementation and Control. 9th Edition. New Jersey:Prentice-Hall.

Parmadita, 2013,Manajemen Investasi Bisnis. Penerbit PT. Gramadia, Jakarta.

Rangkuti, Freddy, 2004,Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rismawati.2011. Manajemen Pemasaran dan Kewirausahaan. Cetakan I. Makassar:Pustaka Refleksi.

Senduk, 2004, Manajiemen Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Simamora, Henry. 2000, Manajemen Keuangan.Penerbit Erlangga, Jakarta.

Soeharto, Iman,1999,Manajemen Proyek, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sofyan, Iban, 2003,Studi Kelayakan Bisnis, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Stanton, J William.2000, Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Suharsini, Arikunto. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sumarni Marti, 1998, Manajemen Keuangan, Penerbit Media Pustaka, Jakarta 1997, PP AMP YKPN, Yogyakarta.

Sunariyah, 2003,Manajemen Keuangan.Penerbit Erlangga, Jakarta.

Suryana.2001,Manajemen Investasi Bisnis. Penerbit PT. Gramadia, Jakarta.

Syamsuddin, Lukman, 2000,Manajemen Keuangan Perusahaan edisi baru, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Syamsuddin, Lukman, 2001,Manajemen Keuangan Perusahaan, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Umar, Husein, 2001,Studi Kelayakan Bisnis Edisi 2, Penerbit PT. Gramedia. Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v2i1.161

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.