PENGARUH MOTIVASI DAN KOMITMEN KARYAWAN TERHADAP PRESTASI KERJA PADA PT. MARINA PUTRA INDONESIA PERWAKILAN KABUPATEN LUWU UTARA

Salju Salju, Mastia Makmur

Abstract


Judul penelitian ini adalah Pengaruh Motivasi dan Komitmen Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Pada PT. Marina Putra Indonesia Perwakilan Kabupaten Luwu Utara. Tujuan penelitian, untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Motivasi dan Komitmen Karyawan Terhadap Prestasi Kerja Pada PT. Marina Putra Indonesia Perwakilan Kabupaten Luwu Utara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah karyawan PT. Marina Putra Indonesia Perwakilan Kabupaten Luwu Utara yang berjumlah 15 orang. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Regresi Linier Berganda, dimana variabel bebasnya terdiri dari Motivasi dan Komitmen Karyawan sedangkan untuk variabel dependen yaitu Prestasi Kerja. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) variabel Motivasi dan Komitmen berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Kerja, sehingga hipotesis pertama dalam penelitian ini yang menduga bahwa Motivasi dan Komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Marina Putra Indonesia Perwakilan Kabupaten Luwu Utara terbukti kebenarannya. Sedangkan untuk (Uji-t) dari hasil tersebut ternyata variabel motivasi yang berpengaruh positif signifikan dan memiliki pengaruh dominan terhadap Prestasi Kerja dengan besaran nilai koefisien regresi sebesar 50,4%. Sedangkan untuk variabel Komitmen berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Prestasi Kerja dengan besaran nilai koefisien regresi sebesar 7,8%. Dengan demikian hipotesis kedua dalam penelitian ini yang menduga bahwa motivasi berpengaruh dominan terhadap prestasi kerja karyawan PT. Marina Putra Indonesia Perwakilan Kabupaten Luwu Utara adalah terbukti kebenarannya.

References


Achmad S. Ruky. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta:Gramedia Pustaka. Utama.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manjemen Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada.Bumi Aksara.

Hadari Nawawi. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Gajah Mada Universty Press. Yogyakarta.

Handoko ,T. Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi ke 2. Yogyakarta:BEFE.

Hasibuan, Malayu S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya. Manusia, Jakarta, Bumi Aksara.

Husein Umar, 2004, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Cet ke 6, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Husein Umar, 2004, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Cet ke 6, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Manullang. M., Marihot. 2001. Manajemen Personalia. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Martoyo, Susilo. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UGM.

Mathis, Robert dan Jackson, John. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Jimmi Sadili dan Bayu. Jakarta : Salemba Empat.

__________. 2003. Human Resource Management, 10th edition. Thomson South Western, United State of America.

Robbins SP, dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Robbins, S.P. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi, Yogyakarta : Andi

Suliyanto. 2011. EKONOMETRIKA TERAPAN: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Susilo Martoyo, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Alfabeta, Bandung.

Taruli Viona Margaretha Aruan. 2012. Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi, dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BFI Finance Indonesia. Tbk. Pekan Baru. Jurnal. Universitas Riau. http://repository.unri.ac.id/bitstream/123456789/1813/1/Jurnal.pdf. Diakses pada 29 April 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v1i2.124

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times



 

 

Indexing In

 

Tools