Peran Knowledge Management Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan

Khaerana Khaerana

Abstract


Abstract

Employee performance is a critical element in a company. Employee performance is highly determined, one of which is knowledge management. Companies need to know the extent to which aspects of employee performance are achieved. This study aims to determine and analyze the effect of knowledge management on employee performance. This research uses a descriptive approach and a quantitative approach. The number of respondents in the study was 35 employees. Data collection methods used are observation, interviews, and questionnaires. The results of this study indicate that the knowledge management variable has a positive and significant effect on employee performance.

Keywords: Knowledge Management, Business, Employee Performance


Abstrak

Kinerja karyawan merupakan salah satu elemen penting dalam suatu perusahaan. Kinerja karyawan sangat ditentukan salah satunya yaitu aspek knowledge managemen. Penitng bagi perusahaan untuk mengetahui sejauhman aspek capaian kinerja karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh knowledge management terhadap kinerja karyawan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak 35 orang karyawan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable knowledge management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci: Manajemen Pengetahuan, Bisnis, Kinerja Karyawan


References


Andra, R. Syafitri & Utami, H. N. (2018). Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Malang Kawi). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61 (2), 30–37.

Arilaha, M. . & F. N. (2018). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Manajemen Sinergi (JMS), 6 (1), 1–20.

Ariyanto, R. (2019). Pengaruh Knowledge Management, Commitment Organization dan Corporate Reputation terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumh Sakit Kol. Abudjani Bangko [Tesis]. Universitas Putra Indonesia “YPTK†Padang.

Busro. (2020). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada.

Fahmi, I. (2015). Manajemen Kinerja, Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Falah, A. S. N., & Prasеtya, A. (2017). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan Dan Kinerja Perusahaan ( Studi pada Karyawan PT S е m е n Indon е sia P е rs е ro Tbk ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(4), 192–198.

Ferdian, A., & Devita, A. R. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 187–193.

Harmen, H. & M. . D. (2018). Pengaruh Talent Management dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara II (Survei pada Kantor Direksi Tanjung Morowa). Jurnal Konsep Bisnis & Manajemen, 4 (2), 114–129.

Hasbi, A, Ahmad AB, & M. (2020). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kinerja Karyawan Perhotelan di Sulawesi Selatan. Kawitara, 10 (2), 199–220.

Nawawi, I. (2012). Manajemen Pengetahuan (knowledge management). Bogor: Ghalia Indonesia.

Samsuddin, H. (2018). Kinerja Karyawan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Tung, K. Y. (2018). Memahami Knowledge Management. Jakarta: PT. Indeks.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja (12th ed.). Depok: Rajawali Pers.

Winarto, W. W. A. (2020). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Peningkatan Kinerja Umkm Dengan Kompetensi Sebagai Variabel Moderasi. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 3(2), 141–157.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v8i2.1214

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

 

 

Indexing In

 

Tools