PENGARUH MODAL, JUMLAH UNIT USAHA, NILAI INVESTASI DAN UPAH MINIMUM TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN TUBAN

Rosalia Agista Nur Wulansari, Niniek Imaningsih, Riko Setya Wijaya

Abstract


Abstrak

Riset ini memiliki tujuan untuk menganalisis: 1. pengaruh Modal, Jumlah Unit Usaha, Nilai Investasi, dan Upah Minimum Kerja (UMK) terhadap penyerapan tenaga kerja pada industry kecil menegah di KabupatenTuban 2. perkembangan modal, jumlah unit usaha, nilai investasi dan upah minimum terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kecil dan menengah di Kabupaten Tuban .Adapun penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tuban dan jenis data penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dimana data diperoleh dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban. Populasi pada penelitian ini adalah industri kecil menengah di Kabupaten Tuban dan sampel yang digunakan adalah 45 industri. Riset ini menerapkan analisis regresi berganda (OLS) menggunakan program SPSS 22 for windows. Hasil Analisis menunjukkan bahwa Modal memiliki pengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, jumlah unit usaha mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, Nilai Investasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dan Upah minimum tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sector Industri Kecil Menengah di Kabupaten Tuban. Riset ini mempunyai tingkat keakuratan senilai 97,3% dan sisanya2,7% mendapatkan pengaruh dari faktor lain yang tidak penelitikaji.

 

Kata Kunci: Tenaga Kerja, Investasi, Unit Usaha, UMK.

 

Abstract

 

This research aims to analyze: 1. the influence of Capital, Number of Business Units, Investment Value, and Minimum Work Wage (UMK) on employment in small and medium industries in Tuban Regency 2. capital development, number of units, investment value and minimum wage on the absorption of labor in small and medium industries in Tuban Regency. This research was conducted in Tuban Regency and the type of research data used was quantitative where the data was obtained from the Department of Industry and Trade Cooperatives, Tuban Regency. The population in this study are small and medium industries in Tuban Regency and the sample used is 45 industries. This research applies multiple regression analysis (OLS) using the SPSS 22 for windows program. The results of the analysis show that capital has a significant effect on employment. Investment value has a significant effect on employment and the minimum wage does not show a significant effect on employment in the Small and Medium Industry sector in Tuban Regency. This research measures the level of accuracy of 97.3% and the remaining factor, 7% is influenced by other influences that are not detrimental.

 

Keywords: Labor, Investment, Business Unit, MSE


References


DAFTAR PUSTAKA

Astiani, D. (2018). ‘Pengaruh Tingkat Upah, Modal, Lama Usaha Dan Pendapatan Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Gerabah Dikabupaten Bantul’, Universitas Islam Indonesia Fakultas Ekonomi Yogyakarta.

(‘Badan Pusat Statistik Kabupaten Tuban Tentang Industri’, )

Fadilah, D. N. (2012). ‘ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL’, UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

Gunawan, M. D. (2018). ‘Analisis Pengaruh Jumlah Unit Usaha, Investasi Dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Sektor Industri Pengolahan Besar dan Sedang Di Kota Surabaya’, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Fakultas Ek.

Hajrah, H. (2017). ‘Pengaruh NilaiProduksi, Investasi Dan Jumlah Unit Usaha Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Sektor Industri Kecil Dan Menegah Di Kota Makasar’, Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Bisnis.

Handayani, R. (2016). ‘Pengaruh Jumlah Unit Usaha Dan Upah Minimun Regional Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil dan Menegah DiKabupaten Bantaeng tahun 2001-2015’, Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.

Hasanah, F. U. (2016). ‘Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Menengah dan Besar SeKaresidenan Pekalongan Tahun 2008-2013. UniversitasMuhammadiyah Surakata.’, Universitas Muhammaddiyah Surakarta Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bis.

Jaunita, T. (2016). ‘Analisis Data Panel Pengaruh UMR, Nilai Output, Jumlah Unit Usaha Dan Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Sektor Industri Besar Dan Sedang Di Jawa Tengah’, Universitas Muhammadiyah Surakarta Jurusan Ekonomi Pembangunan Faku.

(‘Keputusan Menteri No.1 1999 Pasal 1 Ayat 1 Tentang Upah Minimum’, )

Muhammad, A. (2014). ‘Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Dan Menengah Di Provinsi Jawa Tengah’, Universitas Diponegoro Semarang Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Nurafuah. (2015). ‘Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Pada Sektor Usaha Kecil Dan Menengah (UMK) di Provinsi Jawa Tengah’, Universitas Negeri Semarang Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi.

Pirman, F. (2016). ‘Pengaruh Upah dan Modal Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Menteng Kota Medan’, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Prabaningtyas, Y. M. (2015). ‘Pengaruh Modal, Jumlah Unit Usaha, JumlahProduksi, Terhadap Penyerapan Tenaga kerjaIndustri Kecil Tahu Bakso Dengan Menggunakan Path Analisis’, Universitas Negeri Semarang Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi.

Safitri, D. (2017). ‘Pengaruh Jumlah Unit Usaha Dan Tingkat Upah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Besar Dan Sedang Di Provinsi Lampung Periode 2001-2015 Dalam Perspektif Ekonomi Islam’, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Fakultas

Sukarsono, M. N. (2019). ‘Analisis Pengaruh Tingkat Upah, Modal, Pendapatan dan Jumlah Unit Usaha Terhadap Permintaan Tenaga Kerja Pada Usaha Kecil Menengah Bengkel Motor Di Wilayah Surabaya Selatan’, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Program St.

Tri, D. U. (2016). ‘Pengaruh Nilai Investasi, Jumlah Unit Usaha Dan Upah Minimum Terhadap Permintaan Tenaga Kerja Industri Kecil Dan Menengah Di Provinsi Jawa Tengah’, Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Da.

(‘Undang Undang No 5 Tahun 1984 Pasal 1 Ayat 2’,)

(‘Undang Undang No 13 Tentang Ketenagakerjaan’,)

Widyastuti, D. A. (2003). ‘PengaruhJumlah Usaha, Nilai Investasi Dan Upah Minimum Terhadap Permintaan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Dan Menengah Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 1997-2011’, Universitas Diponegoro Semarang Fakultas Ekonomika Dan Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/je001.v10i2.803

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times



 

 

Indexing In

 

Tools