FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN KONSUMEN TERHADAP SALON YAYU DI MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

Nurmi Nurmi, Abu Bakar Q, Hapid Hapid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen pada Salon Yayu di Masamba. Salon kecantikan tidak hanya menawarkan jasa kecantikan, tetapi juga hal-hal lain seperti, perlengkapan pengantin dan produk-produk lain. Faktor-faktor tersebut adalah nilai keunggulan bagi salon untuk bersaing dan menyediakan sarana yang dapat memenuhi kebutuhan bagi pelanggannya.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian survey. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel dari Salon Yayu di Masamba, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dari jumlah populasi. Data primer yang diambil dari responden dengan kuesioner selanjutnya diolah dengan teknik Deaskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pelayanan, fasilitas, kenyamanan dan lokasi yang strategis akan menjadi faktor untuk mempengaruhi konsumen memilih salon. Selain itu, dapat menjadi nilai keunggulan bagi salon untuk bersaing dan menyediakan sarana yag dapat memenuhi kebutuhan bagi pelanggannya.

kesimpulannya bahwa besar faktor fasilitas, kenyamanan dan lokasi mempengaruhi pilihan konsumen pada Salon Yayu di Masamba Kabupaten Luwu Utara, sehingga di sarankan agar fasilitas, kenyamanan, dan lokasi yang strategis lebih diperhatikan dan dijaga karena faktor tersebut menentukan konsumen memilih Salon Yayu.

References


Ahmad Batinggi, 1999. Manajerial Pelayanan Umum. Universitas Terbuka, Jakarta. Basu Swasta dan Handoko, 2000. Dasar-dasar Manajemen (terjemahan), Edisi kelima, Jakarta. Aksara Baru.

Ciptono F, 1997. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Andi Offset. Yogyakarta.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Statistik II: Statistik Inferensial. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa: pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia.

Kotler, Philip dan AB. Susanto. 2001. Manajemen pemasaran Indonesia. Buku 2. Salemba empat. Jakarta.

Kotler, Philip et al. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis Perencanaan, sImplementasi, dan Pengendalian Buku Dua. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Bumi Aksara. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mowen. H. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid I. Penerbit. Andi. Yogyakarta.

Munir, 2000. Manajemen Pelayanan Publik. Bina Aksara. Jakarta

Rismiati, Catur. Dan Bondan Sutrisno. 2001. Pemasaran Barang dan Jasa. Kanisius. Jakarta.

Sanusi, Anwar. 2003. Metodologi Penelitian Praktis Untuk Ilmu Sosial dan Ekonomi. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Penerbit Buntara Media. Malang.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Pertama. Penerbit CV. Alpha Beta. Bandung.

Sunarto. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran. Yogyakarta: penerbit AMUS.

Supranto, J. 1997. Metode Peramalan Kuantitatif Untuk Perencanaan Ekonomi dan Bisnis. Rineka Cipta. Jakarta.

The Liang Gie, 1981. Pengantar Organisasi dan Manajemen, Jakarta Balai Pustaka.

Ujang Suwarman, 2002. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/je001.v3i2.76

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times



 

 

Indexing In

 

Tools