ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN PRODUKSI DODOL DURIAN PADA USAHA DAGANG ARUNG BUANA SAWERIGADING KOTA PALOPO

Irawati Irawati, Muh. Amir Anas, Lanteng Bustami

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah di Kota Palopo berkembang cukup pesat.
Beberapa usaha kecil dan menengah bermunculan dengan berbagai produk yang ada. Potensi Kota Palopo akan sumber daya alam khususnya dibidang pertanian cukup besar. Hasil pertanian masyarakat berupa tanaman hortikultura, buahbuahan, dan tanaman pangan tumbuh dengan baik dalam wilayah kota Palopo.

Penelitian tentang Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Produksi Dodol Durian Pada Usaha Dagang Arung Buana Sawerigading Kota Palopo bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh faktor permintaan, ketersediaan bahan baku dan tenaga kerja pada peningkatan produksi dodol durian pada UD. Arung Buana Sawerigading Kota Palopo.

Adapun metode analisis yang digunakan adalah secara tabulasi dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan produksi dodol durian pada UD. Arung Buana Sawarigading Kota Palopo, maka penyusun menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS windows release 16.0.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah permintaan produk,
ketersediaan bahan baku dan penggunaan tenaga kerja merupakan faktor yang berpengaruh terhadap jumlah produksi dodol durian hal ini menunjukkan bahwa semakin besar jumlah permintaan produk, penggunaan bahan baku dan tenaga kerja maka semakin besar pula jumlah produksi dodol durian yang diperoleh. Sehingga variabel permintaan, bahan baku dan tenaga kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap produksi dodol durian.

References


Accipdc.files.wordpess.com. Bahan Baku. Dikutip pada tanggal 24 February 2012. Pukul 14.00 Wita

Aziz, Noor, 2003. Pengantar Mikro Ekonomi. Jakarta

Dharmmesta B.S, 1990. Azas-Azas Marketing, Edisi V,Yogyakarta : Liberty

Haryona, Bambang, dkk. 1989. Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Yogyakarta: Liberty.

Hasan, Iqbal, 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hasibuan, N. 1993. Ekonomi Industry : Persaingan Monopoli dan Regulasi. Jakarta

Kotler, Philip dan Amstrom, Gary. 2002. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 2,Edisi Kedelapan, Penerbit Erlangga, Jakarta

Lestari, N. 2000. Pengembangan Pengolahan Durian. Samarinda: Balai Litbang Industri.

Mankiw, Gregory, N. 2000. Pengantar Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Marsuki,2005. Analisis Perekonomian Indonesian dan Internasional. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Martonodan. Harjito. 2001. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonosia.

Putong, Iskandar, 2002. Ekonomi Mikro dan Makro. Edisi II. Ghalia Indonesia, Jakarta

Satuhu, S. yanti dan Sunarmani. 2002. Membuat Aneka Dodol Buah.Penerbit Swadaya. Jakarta

Sigit.S.2004. Pengantar Metodologi Penelitian,Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata

Soekartawi,1995. Ilmu Usaha Tani dan Penelitian Untuk Pembangunan Petani Kecil. Penerbit Universitas Indonesia (UI Press), Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/je001.v2i1.68