ANALISIS USAHA MINYAK SEREH DALAM MENIGKATKAN PRODUKSI KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

Rahayu Ningsih, Muh. Amir Anas, Hapid Hapid

Abstract


Produksi minyak sereh dikabupaten luwu utara merupakan salah satu produksi di Indonesia,hal ini dikarenakan kabupaten luwu utara merupakan tempat yang cocok untuk pertumbuhan tanaman sereh,minyak sereh disolasi dari daun sereh wangi. Selama ini,minyak sereh diekspor keluar daerah dalam bentuk minyak sereh murni sehingga kurang mendatangkan devisa Negara.sehingga diperlukan usaha untuk meningkatkan nilai guna dari minyak sereh.pada penelitian ini akan dilakukan pemisahan komponen geraniol dari minyak sereh.

Penelitian tentang Analisis Usaha Minyak Sereh Dalam Menigkatkan Produksi Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara bertujuan untuk mengetahui uasaha minyak sereh terhadap peningkatan produksi minyak sereh dikecamatan Masamba Kabupaten luwu utara dan hubungannya dengan perkembangan bahan baku pada usaha minyak sereh di kecamatan masamba.

Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.metode ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan variabel dependen dengan variabel indevenden.hubungan antara variabel pada regresi linier sederhana ini dapat berupa hubungan positif ataupun hu ungan positif.

Dari hasil penelitian menunjukkan jumlah produksi minyak sereh meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah tenaga kerja dan jumlah bahan baku tetap. Serta menunjukkan pula bahwa sistem pemesanan dan penyediaan bahan baku yang dijalankan perusahaan ini tepat, sehingga masih di butuhkan sistem pengendalian yang lebih baik untu menunjang kelancaran proses produksi.

References


Anonim. 1995, Pola Pembinaan Kepada Usaha Kecil Dan Koperasi PT. (Persero) Sucofindo, Jakarta.

Anonim. 1995, Undang – Undang Otonomi Daerah, Penerbit Kuraiko Pratama Bandung.

Assauri, Sofjan,. 1990, Manajemen Produksi, Edisi Ketiga, Jakarta Lembaga, Penerbit Fakultas Ekonomi Uneversitas Indonesia.

Irawan dan M. suparmoko. 1993, Ekonomi Pembangunan, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta

Irsan Arsyad Saleh. 1991, Industri Kecil Sebuah Tinjauan Dan Perbandingan, LP3ES, Jakarta

Kotler, Philip (2002), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Millennium, PT. Prebalindo, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/je001.v1i1.51