PENGARUH PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN LUWU UTARA

Vika Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadapa pendapatan asli daerah di Kabupaten Luwu Utara. Populasi dalam penelirian ini adalah keseluruhan data tentang pajak daerah, retribusi daerah, dan pendapatan asli daerah di Kabupaten Luwu Utara. Sampel penelitian adalah data tentang pajak daerah, retribusi daerah, dan pendapatan asli daerah di Kabupaten Luwu Utara tahun 2011 sampai 2017 yakni selama tujuh tahun. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda, data yang diperoleh diklasifikasi, ditabulasi dan diolah menggunakan SPSS Versi 21.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pajak daerah berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Luwu Utara, sedangkan variabel retribusi  daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Luwu Utara. Variabel pajak daerah dan retribusi daerah dapat menjelaskan pendapatan asli daerah di Kabupaten Luwu Utara sebesar 65,1% sisanya sebesar 34,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

 

Kata Kunci : Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Pendapatan Asli Daerah (PAD)


References


Anggraini, Dina. 2010. Analisis Pengaruh Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Peningkatan PAD ( Studi Empiris pada Provinsi Bengkulu). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta

Bahar, ujang.Peran daerah dalam pengadaan tanah (tijauan dari segi pembiayaan). Hukum keungan jurnal hukum bisnis. 1, 2010.

Darwin. 2010. Pajak Daerah & Retribusi Daerah. Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Djaenuri, A.. 2012. Hubungan Keuangan Pusat–Daerah, Elemen-Elemen Penting Hubungan Keuangan Pusat - Daerah. Ghalia Indonesia. Bogor

Darize, Nurlan.2009, Pengelolaan Keuangan Daerah. Edisi 2. Indeks Jakarta,

Ellysa Putri, Mellda & Rahayu, Sri. 2015. Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah. Vol. , No. 1 April 2015. Cirebon.

Halim, A. 2004. Akuntansi Keuangan Daearah. Edisi Keempat. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Hening Fitria Sarasati El Rani Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (Pad) (Studi Kasus Di Kabupaten/Kota Eks-Karesidenan Pekalongan Periode 2005-2014)

Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Mardiasmo. 2010. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Mariyanto, Joko. 2014. Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah. Vol. 11 No. 1 Maret 2015: 58 – 63. Surakarta

Nuswantoro Analisis Pengaruh Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kabupaten / Kota Di Provinsi Jawa Tengah Periode 2010-2012

Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2001 tentang Retribusi Daerah.

Rahdina, D. P. 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Kota Depok Pada Era Otonomi Daerah [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak

Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 33 tahun 2004 tentang

Perimbangan Keuangan antara Pusat dan Daerah. Jakarta.

Rosdiana, H., dan R. Tarigan. 2005. Perpajakan Teori dan Aplikasi. PT. Raja

Samudra, Azhari A. 2015. Perpajakan di Indonesia Keuangan, Pajak dan Retribusi Daerah. Cetakan 1. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono, 2011:257. Rumus-rumus Analisis Linier Berganda. Jakarta: Graha Ilmu

Sugianto. 2008. Pajak dan Retribusi Daerah (Pengelolaan Pemerintah Daerah dalam Aspek Keuangan, Pajak, dan Retribusi Daerah). PT. Grasindo. Jakarta.

Siahaan, Marihot Pahala. 2013. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Berdasarkan Undang- Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Rajawali Pers : Jakarta.

Sunarto., 2005, Pajak dan Retribusi Daerah, Yogyakarta : AMUS dan Citra

Pustaka

Santosa, Purbayu Budi., dan Rahayu, Retno Puji. 2005. “Analisis Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Faktor –Faktor Yang Memepengaruhinya Dalam Upaya Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Kabupaten Kediriâ€, Jurnal Dinamika Pembangunan Vol.2 No1/lull 2005 :9 -18

Wijaya, Tony. 2009. Analsis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Universitas Atmajaya.

Wenny Dhia Cherrya. 2000-2005. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Pemerintah Kabupaten dan Kota Di Propinsi Sumatera Selatan




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jep01.v5i1.334

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times