Analisis Penerapan Electronic Data Processing (EDP) System dalam Pengolahan Data Penjualan dan Penerimaan Kas Pada PT Hadji Kalla Cabang Parepare

Arfianty Arfan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme yang digunakan PT Hadji Kalla Cabang Parepare dalam pengolahan data penjualan dan penerimaan kas; dan mengetahui apakah penerapan electronic data processing (EDP) System pada PT Hadji Kalla Cabang Parepare telah mendukung pencapaian informasi akuntansi yang akurat. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi place, paper, dan person. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu metode analisis data yang menggambarkan dan menginterpretasikan serta membandingkan data-data penelitian yang diperoleh dari perusahaan dengan literatur-literatur yang ada untuk dianalisa sehingga memberikan keterangan bagi pemecahan masalah yang dihadapi. Setelah melalui proses pengumpulan, penyusunan, dan analisis data, maka diperoleh  hasil bahwa dalam penerapan electronic data processing (EDP) system, PT Hadji Kalla Cabang Parepare menggunakan mekanisme pengolahan data secara langsung (real time processing) yang dapat dibuktikan melalui tabel indikator real time processing yang telah disesuaikan berdasarkan hasil dari wawancara dan observasi,dan juga diperoleh hasil bahwa penerapan electronic data processing (EDP) telah mendukung pencapaian informasi akuntansi yang akurat berdasarkan komponen-komponen electronic data processing (EDP) system pada PT Hadji Kalla Cabang Parepare telah memadai.   


References


Asiana, E. 2006. Peranan Pengolahan Data Elektronik Terhadap Sistem Pengendalian Internal Piutang (studi kasus pada PT PLN Persero Unit Bisnis Distribusi Bandung. Skripsi Fakulttas Ekonomi, Jurusan Akuntansi, Universitas Widyatama, Bandung.

Bodnar, H. George, dan W.S. Hopwod. 2006. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Kesembilan. Yogyakarta: Andi.

Diana, A dan L. Setiawati. 2014. Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, Proses dan Penerapan, Edisi 1. Yogyakarta: Andi.

Hall, J. 2009. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Hartono, B. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer, Edisi 1. Jakarta: Rineka Cipta.

http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_data_processing. Diakses tanggal 20 Maret 2015.

http://kuliah.imadewira.com/pengolahan-data-elektronik. Diakses tanggal 8 Desember 2014.

http://www.irmi.com/online/inglossary/terms/e/electronic-data-processing-edp-coverage.aspx. Diakses tanggal 20 Maret 2015.

https://www.google.com/#q=teknik+analisis+data+deskriptif+kualitatif+menurut+sugiyono&revid=1185663778. Diakses tanggal 20 Desember 2014.

IAI. 2012. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Ismail, D. 2005. Manfaat Pengolahan Data Elektronik (PDE) Penjualan Atas Pengendalian Penjualan (studi kasus pada PT Ultrajaya Milk Industry & Trade Company, Tbk). Skripsi Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi, Universitas Widyatama, Bandung.

James, A.., George, dan Marakas. 2014. Sistem Informasi Manajemen, Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

Jugiyanto. 2005. Analisis Desain dan Sistem Informasi, Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Jugiyanto. 2008. Sistem Teknologi Informasi, Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. 2014. Pengenalan Sistem Informasi, Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Mardi. 2014. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Romney, B, Marshall, dan P. John. 2014 Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.

Skousen dan, S. Albrecht. 2001. Akuntansi Keuangan, Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Waromantouw, K. 2005. Analisis Efektifitas Penerapan Komputerisasi Sistem Persediaan dengan Aplikasi Builder Distribution Solution (studi kasus pada PT Indonesia Permai Ria Printing Enterprise, Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jep01.v4i2.266

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times