PENGARUH CSR PT VALE INDONESIA TBK TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SEKITAR KECAMATAN NUHA

Jamaluddin Jamaluddin, Suhardi M. Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social resonsibility (CSR) terhadap kesejahteraan masyarakat Kecamatan Nuha. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data kualitatif yang diperoleh disini merupakan keseluruhan bahan, keterangan data fakta-fakta yang tidak dapat diukur dan dihitung secara eksak matematis, tetapi hanya berwujud keterangan naratif semata. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan tiga model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  CSR PT Vale Indonesia Tbk berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan kelompok tani di Kecamatan Nuha, tapi tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kesehatan masyarakat.  Model 1 kontribusi dana CSR pada bidang pendidikan sebesar 71,6 dan model 3 memberikan kontribusi dana CSR pada bidang pertanian di kecamatan Nuha sebesar 93.7%.  Sedangkan model 3 menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat yang diproksikan dengan tingkat kesehatan.


References


Ambaddar, J. 2008. CSR dalam Praktik di Indonesia. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Canadian Government. 2008. CSR Merupakan Kegiatan Usaha Integrasi Ekonomi, Lingkungan, dan Sosial ke Dalam Nilai, Budaya, Strategi dan Operasi Perusahaan yang Dilakukan Secara Transparan. Wikipedia

Idris, Z. 1982. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Angkasa.

Institute of Chartered Accountant, England and Wales. 2008. CSR Sebagai Jaminan Bahwa Organisasi-Organisasi Pengelola Bisnis Mampu Memberikan Dampak Positif Bagi Masyarakat dan Lingkungan. Wikipedia.

International Finance Corporation. 2008. CSR Sebagai Komitmen Dunia Bisnis untuk Memberi Kontribusi Terhadap Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan. Wikipedia.

Iqbal, M. dan S. Taslim. 2008. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) dalam Persepektif Kebijakan Pertanian. Jurnal Analisis Kebijakan, 6 (2).

ISO 2600000. CSR sebagai Tanggung Jawab Sebuah Organisasi terhadap Dampak-Dampak dari Keputusan-Keputsan dan Kegiatan pada Masyarakat dan Lingkungan.

Kim, K.S. 2000. Corporate Social Responsibility and Strategic Management: An Empirical Study of Korean MNCs in United States. Unpublished Dissertation. West Heaven, Connecticut: The University of Heaven.

Ningrum. 2014. Pengaruh Program CSR terhadap Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat (Studi pada Implementasi CSR PT Amerta Indah Otsuka Desa Pacarkeling Kecamatan Kejayaan Kabupaten Pasuruan. Jurnal Administrasi Publik, 4 (1).

Octavia, M dan Juniarti. 2015. Pengaruh CSR Terhadap Respon Investor dalam Sektor Pertanian. Business Accounting Review, 3 (2): 11-20.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 273 Tahun 2007 tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani.

Soemarjan, S. 1987. Perubahan Sosial & Pembangunan Ekonomi. Yogyakarta.

Subejo dan Supriyanto. 2004. Metodologi Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: UGM.

The World Bussiness Council of Sustainable Development (WBCSD) CSR Sebagai Komitmen Perusahaan untuk Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan.

Wibisono, Y. 2007. Membedah Konsep & Aplikasi CSR: Corporate Social Responsibility. Gresik: Fasco Publishing.