KELAYAKAN INVESTASI PENGGEMUKAN TERNAK SAPI DI KOTA PALOPO

Muh. Halim, Arfan Amrin, Harmita Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan usaha ternak sapi ditinjau dari investasi awal, pendapatan, lamanya pengembalian investasi, besaran nilai sekarang, dan indeks keuntungan. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peternak sapi yang berada di wilayah Kota Palopo dan sekitarnya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan, wawancara, kepustakaan. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis investasi meliputi average rate of return methods (ARR), payback period methods (PP), net present value methods (NPV), dan profitability index methods (PI atau BCR). Hasil analisis menunjukkan bahwa aliran kas bersih setiap tahun mencapai 112,2 juta rupiah, average rate of return sebesar 44,9%, payback period selama 2 tahun 2 bulan 23 hari, net present value positif sebesar Rp190.182.000,- dan profitability index lebih besar dari satu yaitu 1,76073. Hasil ini mengindikasikan bahwa bisnis penggemukan sapi layak dilakukan.


References


Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit Rajawali.

Gray, C., P. Simanjuntak, L.K. Sabur, and F.P.L. Maspaitella. 2005. Pengantar Evaluasi Proyek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Kotler, P. dan G. Amstrong. 2016. Principle of Marketing. Edisi Keenam Belas. England: Pearson Education.

Pratama, Y.G. 2013. Analisis Kelayakan Usaha Penggemukan Sapi

Potong pada Peternakan Bapak Sarno Desa Citapen Ciawi Kabupaten Bogor. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Riyanto, B. 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Sahala, J., R. Widiati, dan E. Baliarti. 2016. Analisis Kelayakan Finansial Usaha Penggemukan Sapi Simmental Peranakan Ongole dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Jumlah Kepemilikan Pada Peternakan Rakyat di Kabupaten Karanganyar. Buletin Peternakan, 40 (1): 75-82.

Simamora, B. 2011. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Umar, H. 2009. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia.

Zulfanita, M.A. Wiguna, dan S. Nurtini. 2009. Evaluasi Kelayakan Usaha Penggemukan Sapi Potong Gaduhan di Desa Grantung Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Buletin Peternakan, 33 (1): 57-63.