PENGEMBANGAN METODE PENINGKATAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA PT PELABUHAN INDONESIA IV BERBASIS GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI KOTA PAREPARE

Darmawan Darmawan, Djamal Abdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan prinsip good corporate governance terhadap kualitas laporan keuangan di PT Pelabuhan Indonesia IV. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 20 karyawan PT Pelabuhan Indonesia IV. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diberikan kepada responden. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik regresi linier. Hasil penelitian menerangkan bahwa mayoritas karyawan setuju dengan penerapan prinsip GCG yaitu masing-masing 50% untuk variabel transparansi, 50% untuk variabel akuntabilitas, dan 65% untuk variabel responsibility serta 50% untuk kualitas laporan keuangan dan untuk semua variabel tidak ada (0%) yang mengatakan tidak setuju maupun sangat tidak setuju. Selain itu, prinsip good corporate governance berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan.

 


References


Arifani, R. 2011. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Ekonomi ECONOMOS, 4 (6): 25-38.

Arsyiati, Darwanis, dan Djalil. 2008, Pengaruh Kualitas SDM Dalam Pengelolaam Keuangan Terhadap Kualitas Pertanggungjawaban Keuangan PNPB dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Instansi pada Univ. Syiah Kuala. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, 1 (1): 29-49.

http://bppt.Jabarprov.go.id/assest/data/arsip/UU-9-BUMN.PDF. Diakses tanggal 12 Desember 2016.

Ferial, F., Suhadak, dan Handayani. 2016. Pengaruh GCG terhadap Kinerja Keuangan dan Efeknya terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Priode 2012-2014). Jurnal Administrasi Bisnis, 33 (1): 146-153.

Ghozali, I, 2009. Teori Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gozali, N. 2012. Dampak Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Hasmawati, 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Akuntansi Akrual pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Daerah Kota Parepare. Skripsi. Fakultas Ekonomi UMPAR.

Hermanda, C. 2010. Penerapan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Veteran Jawa Timur.

Jusup, A. 2011. Dasar-Dasar Akuntansi. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Sekolah Tinngi Ilmu Ekonomi YKPN.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Lastuti, A. 2002. Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Sebagai Upaya Peningkatan Investasi Tidak Langsung (Indirect Investment). Laporan Penelitian Universitas Padjadjaran. Bandung.

Leo, J. 2013. Pengaruh Konsentrasi Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan dalam Laporan Tahunan Studi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 2 (1): 10-18.

Nizamullah, D. dan Syukriy. 2014. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2012). Jurnal Akuntansi, 3 (2): 42-53.

Nugroho, Y.A. 2011. Olah Data Dengan SPSS. Yogyakarta: PT Skripsi Media Creative.

Oktadella, D. 2011. Analisis Corporate Governance terhadap Integritas Laporan Keuangan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Prasetyo, A. 2009. Corporate Governance. Fakultas Ekonomi UI.

Rahmawaty, D. 2015. Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Laporan Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Studi Kasus Pada Pemrrintahan Privinsi Jawa Barat. Skripsi. Universitas Widyatama.

Ristifani. 2009. Analisis Implementsi Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance dan Hubungannya terhadap Kinerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Sapitri, R. 2010. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Setyawan, A.A. 2016. Tata Kelola Badan Usaha Milik Negara (Penerapan Good Corporate Governance di Perum Damri Kantor Cabang Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 4 (2): 327-337.

Sudjana. 2000. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Aswadi, S.A.W. 2014. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus pada Pemerintah Kab. Pinrang). Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.