PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA MASYARAKAT PADA OBJEK WISATA ALAM DI KELURAHAN KAMBO KECAMATAN MUNGKAJANG KOTA PALOPO

Muh. Halim, Saharuddin Saharuddin

Abstract


Abstrak: Tujuan progam KKN-PPM ini adalah peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat untuk memanfaatkan potensi objek wisata alam pada Kelurahan Kambo Kecamatan Mungkajang Kota Palopo sebagai mata pencaharian dan sumber pendapatan keluarga. Melakukan pembinaan dan pendampingan dalam menyiapkan berbagai fasilitas pendukug objek wisata alam, baik pada aspek teknis maupun aspek manajemen secara komprehenship.
Target khusus progam KKN-PPM ini adalah berupa pembuatan gazebo pada lokasi strategis, menyiapkan fasilitas pendukung yang berdampak pada penumbuhan jiwa entrepreneurship anggota kelompok usaha jasa wisata, peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya berusaha, peningkatan pengetahuan tentang manajemen pemasaran jasa wisata, sehingga terjalin kerjasama yang memberikan manfaat terhadap peningkatan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.
Metode yang digunakan dalam progam KKN-PPM ini adalah pendampingan dan penyuluhan dalam bentuk pelatihan pembuatan gazebo pada lokasi objek wisata alam yang strategis. Selain itu dilakukan pembinaan manajemen kerjasama antar kelompok yang saling menguntungkan. Adapun rencana kegiatan progam KKN-PPM, meliputi: (a) sosialisasi program KKN-PPM untuk menyatukan persepsi tim pengusul dengan mitra, (b) penyiapan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan kegiatan, (c) penyiapan peralatan dan introduksi peralatan yang dirancang dan dilaksanakan oleh tim pengusul, (d) peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra melalui pelatihan (penguatan jiwa entrepreneurship, pelatihan pembuatan gazebo, pelatihan penggunaan dan perawatan objek-objek wisata alam, pelatihan manajemen pemasaran jasa wisata, (e) operasionalisasi program KKN-PPM dan (f) monitoring dan evaluasi program untuk menjamin keberlanjutan dan pengembangan program KKN-PPM di masa yang akan datang.
Keyword: Pemberdayaan, Objek wisata alam dan Kelompok usaha

References


Joyosuharto, Sunardi. 2001. Aspek Ketersediaan (Supply) dan tuntutan Kebutuhan (Demand) dalam Pariwisata. dalam Fandeli, Chafid (Ed). Dasar-dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Kotler, Philip, 2003, Manajemen Pemasaran, Analisa Perencanaan dan pengendalian. Edisi Keenam, jilid II, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Murti Sumarni & John Soeprihanto, 1994. Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi Kelima, Liberty Yogyakarta.

Pendit, Nyoman S. 2004. Ilmu Pariwisata Sebuah Perdana. Penerbit Pradinya Paramita, Jakarta.

Supriatna, Tjahya. 2003. Sistem Administrasi Pemerintahan di Daerah. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Widjaja, HAW. 2001. Otonomi Daerah dan Daerah Otonom. Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

UU.No.10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.