FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PRODUKSI KAKAO DI KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU

Sapar Sapar, Rismawati Rismawati, Adrian Adrian

Abstract


Penelitian ini berjudul ”Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Produksi Kakao Di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh modal,luas lahan,teknologi,dan pupuk ketingkat produksi petani kakao dikecamatan bua kabupaten luwu.

Dalam Penulisan Skripsi ini metode yang dipergunakan adalah Waktu dan tempat penelitian adapun waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret 2015 sampai pada bulan Mei 2015 dan tempat peneliatian dilakukan di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu.

Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung melalui penelitian lapangan atau pengamatan lapangan,wawancara langsung terhadap para petani kakao ditempat dan data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui buku literatur atau buku bacaan lainnya seperti tulisan-tulisan ilmia,teori-teori,diktat dan pendapatan-pendapatan yang digunakan dalam penelitian. Populasi dan sampel pengertian populasi yaitu keseluruhan objek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya sedangkan sampel yaitu sejumlah anggota yang dipilih/diambil dari suatu populasi. Metode pengumpulan data untuk menganalisa data yang digunakan dalam penelitian digunakan analisis regresi berganda.

References


Aspari, Ni Wayan Ayu Yuni. 2011. Analisis Skala Ekonomis dan Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usaha Perkebunan Kopi di Desa Plaga Kecamatan Petang Kabupaten Bandung. Skripsi. Denpasar: Program S1 Reguler Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana.

BPS.Jawa barat Dalam Angka. (Online). (http://jbptunikompp-gdl-enengnunur15377-3-babii). Diakses tanggal 27 Desember 2014.

Hardiana. 2013. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Peningkatan Pendapatan Petani Rumput Laut Eucheuma cattoni di Desa Barua Kecamatan Bua Kabupaten Luwu. Skripsi. Palopo: Program Studi Ekonomi Pembangunan.

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi

http://datakata.wordpress.com/2014/11/28/definisimodal-kerja Kasmil. 2010. Peranan Pola Intensifikasi Tanaman Kakao dalam Meningkatkan Pendapatan Petani di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu. Skripsi. Palopo: Program Studi Ekonomi Pembangunan.

Miller and Roger Meiners. 2000. Teori Mikroekonomi Intermediate, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mubyarto. 2002. Ekonomi Pertanian, Edisi Kedua, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Nasution Rusdiah. 2008. Pengaruh Modal Kerja, Luas Lahan, dan Tenaga Kerja terhadap Nenas, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Nurianti. 2013. Pengertian Teknologi Menurut Umum. (Online). Diakses tanggal 27 Desember 2014.

Nuraini Ida. 2001. Pengantar Ekonomi Makro. Universitas Muhammadiyah. Malang.

Sadono Sukirno, 2002. Pengantar Teori Mikroekonomi, edisi ketiga, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi. 1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian-Teori dan Aplikasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

_______ . 1995. Agribisnis: Teori dan Aplikasi, Cet 3, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiono. 2007. Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Tiro, Arif. 2000. Dasar-Dasar Statistika, UNM Makassar, Makassar.

Tohir. 1991. Seuntai Pengetahuan Usahatani Indonesia. Rineka Cipta. Jakarta.

Wasis. Pengantar Ekonomi Perusahaan, Alumni 1992, B




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.