ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL DALAM MENINGKATKAN LABA PADA RUMAH MAKAN ULU BETE LAUT DI MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA
Abstract
Harga jual makanan per unit (per porsi) sebesar Rp 12.445 sedangkan realisasi harga makanan per porsi pada RM Ulu Bete Laut sebesar Rp 22.000,-. Dengan demikian penetapan harga jual sesungguhnya 200% lebih dari harga pokok yang hanya mencapai Rp 8.297 per porsi.
Harga jual minuman segar sebesar Rp 8.723 per gelas. Realisasi harga yang berlaku pada RM Ulu Bete Laut sebesar Rp 10.000,- per gelas. Dengan demikian terdapat kenaikan harga sekitar 140% dari harga pokok. Jika pemilik Rumah Makan (RM) Ulu Bete Laut tidak mencapai total penjualan di atas, maka dipastikan akan mengurangi jumlah laba usaha dan bahkan dapat menderita kerugian. Hasil analisis profitabilitas pertama berdasarkan data rincian pendapatan, sehingga diperoleh rasio profitabilitas sebesar 30,94% per bulan, artinya bahwa setiap penjualan Rp 100,- mampu memberikan laba usaha sebesar Rp 30,94 per unit.
Berdasarkan data harga pokok produk yang dipakai sebagai dasar perhitungan hasil penjualan. Besarnya laba yang diperoleh RM Ulu Bete Laut setiap bulan, dapat dihitung diselisihkan antara hasil penjualan dengan harga pokok. Harga pokok produk yang dipakai sebagai dasar perhitungan harga jual, di peroleh laba usaha sebesar 15,23%, artinya bahwa setiap penjualan Rp 100,- mampu memberikan laba usaha sebesar Rp 15,23 per unit.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Buchari, Alma, (2004), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit: CV. Alfabeta, Bandung
Dharmesta dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran. Penerbit Liberty,Yogyakarta
Kotler, Philip,dkk. 2006. Manajemen Pemasaran (Edisi Kesebelas). Penerbit: PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
______, dan Amstrong (2004).Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta : Salemba Empat dan Pearson Education Asia.
Mulyadi. 1995. Akuntansi Biaya. Edisi tiga, Penerbit PT.BPFE, Yogyakarta.
Nafarin, M. 2000. "Penganggaran Perusahaan" Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Riyanto, Bambang. 1995. "Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan" Penerbit PT.BPFE, Yogyakarta.
Saladin, Linda, 2006. Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategik. Bandung, CV. Mandar Maju
_____, dan Djaslim, 2003, Unsur-unsur Inti Pemasaran dan Manajemen Pemasaran. Bandung, CV. Mandar Maju.
Sasali, Munawir. 2003. Manajemen Keuangan. Penerbit PT.BPFE, Yogyakarta
Sukirno, Sadono. 2000. "Pengantar Teori Mikro Ekonomi" Penerbit PT. Raja Grakindo Persada, Jakarta.
Swastha, Basu dan Irawan, 2000.Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kedua penerbit Liberty, Yogyakarta.
Stanton, 2005.Fundamentals of Marketing, 10th Edition, Singapore : Mc Graw-Hill International.
Soemita. R. 1998. Akuntansi Keuangan. Penerbit PT.BPFE, Yogyakarta.
Suad Husnan dan Enny Pujiastuti, 1998. "Dasar-dasar Manajemen Keuangan" UPP AMP YPKN, Jakarta.
Umar, Husein. 1994. Dasar-Dasar Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.
www.Google.com dengan penelusuran Tinjauan Pustaka Karya Tulis Manajemen Pemasaran.
www.garuda-indonesia.com
www.wartaekonomi.com.
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jep01.v1i2.110
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.