ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Andi Muhammad Hasbi Munarka, Sulastri Adeningsih

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan kinerja keuangan pada PT. Adira Multifinance Tbk. Berdasarkan data dari laporan keuangan pada tahun 2009 ,2010, 2011, dan 2012. Penelitian ini dilakukan pada lembaga yang berkaitan langsung dengan kegiatan pasar modal yaitu Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) yang merupakan kuasa Perwakilan Bursa Efek Indonesia dapat diakses melalui www.idx.co.id. Dengan waktu penelitian yaitu dimulai pada Bulan Desember tahun 2013 sampai dengan bulan Februari Tahun 2014. Metode analisis data yang digunakan didalam penelitian ini yaitu menggunakan rasio likuiditas, solvabilitas, dan provitabilitas.

Dari hasil analisis kinerja keuangan pada PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk dengan menggunakan penelitian Rasio Likuiditas posisi Likuiditasnya yang ditunjukkan oleh Current Ratio dan working Capital to Tottal Asset (WCTA) kurang sehat. Dari hasil analisis kinerja keuangan pada PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk dengan menggunakan penelitian Rasio Solvabilitas posisi likuiditas perusahaan yang ditunjukkan oleh Debt To Tottal Asset Ratio dan Debt To Tottal Equity Ratio kurang sehat. Dari hasil analisis kinerja keuangan pada PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk dengan menggunakan penelitian Rasio Profitabilitas posisi likuiditas perusahaan yang ditunjukkan oleh Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) kurang sehat. Dari ketiga rasio untuk mengukur kinerja keuangan pada PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk, yaitu Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, dan Rasio Profitabilitas belum membuktikan hipotesis penelitian.

References


Agnes Sawir. 2001. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Amin Wijaya Tunggal. (1995). Dasar Dasar Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ang, Robert (1997), Buku Pintar Pasar Modal Indonesia, Jakarta, Mediasoft Indonesia.

Astuti, Dewi. 2004. Manajemen keuangan perusahaan. Cetakan pertama, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia . 2007 . Standar Akuntansi Keuangan . Edisi 2007. Penerbit : Salemba Empat . Jakarta

Irawati susan, (2006:25). Analisis Keuangan Perusahaan. Bandun: Alfabeta.

Mamduh Hanafi. (2004). “Manajemen Keuangan”, BPFE, Yogyakarta.

Martono. 2005. Manajemen Keuangan. Ekonisia: Jakarta.

Munawir. S. 2002. Analisis Informasi Keuangan. Yogyakarta. Liberty Yogyakarta

Nilasari, Fita. 2008. Analisis Rasio Keuangan Sebagai Alat Penilaian Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2002-2007 (Studi Pada Pojok Bursa Efek Indonesia UMM). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Sucipto.2003.”Penilaian Kinerja Keuangan” Digitized by USU digital library

www.IDX.co.id