ETNOMETODOLOGI PRICE SETTING PADA WARUNG MAKAN MBA CITRA

Juniaty Ismail

Abstract


Tujuan studi ini adalah untuk menyelidiki bagaimana cara menentukan harga penjualan pada warung makan Mba Citra yang  sebagai pemilik sekaligus pegelolanya, Mba Citra dan Suaminya Mas Djarwo yang menerapkan kearifan budayanya sebagai orang Jawa dalam kehidupan sehari-harinya terutama dalam kegiatan usaha warung makannya yang didirikan sejak tahun 90-an. Studi ini menggunakan pendekatan etnomethodology. Studi menunjukkan bahwa dalam penetapan harga atau price setting pada warung makan ini, tidak seperti warung makan lainnya yang menginginkan keutungan yang sebesar-besarnya, tetapi pengelolanya lebih mengutamakan niat untuk menolong memenuhi kebutuhan pokok pelanggannya  yang didominasi oleh anak-anak kos.

Kata kunci: Kultur Jawa, Price Setting, Warung Makan, Etnometodology


References


Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan. Yogyakarta: BPFE.

Djaslim Saladin (2006). Manajemen Pemasaran. Bandung : Lina Karya.

Kurniawan, R. 2012. Valuasi Aset Biologis: Kajian Kritis atas IAS 41 Mengenai Akuntansi.

Moleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marbangun, Hardjowirogo. 1995. Manusia Jawa. Jakarta: PT Toko Gunung Agung.

R.S.N Pillai and Bagavathi. 2002. Modern Marketing Principles and Practices. S. Chand & Company LTD. New Delhi.

Sukidin, Basrowi. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/ja001.v6i2.555

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times