ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI KEWAJIBAN PADA PERUSAHAAN AIR MINUM (PAM) TIRTA MANGKALUKU KOTA PALOPO

Desi Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana penyajian akuntansi kewajiban dalam laporan keuangan pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mangakaluku Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu dengan mendeskrifsikan akuntantansi kewajiban yang terjadi pada Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku Kota Palopo dengan kesesuaian pada laporan berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil peneltian ini sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) dimana Akuntansi Kewajiban diakui dalam  neraca jika kemungkinan pengeluaran sumber daya yang mengandung manfaat ekonomi akan dilakukan untuk menyelesaikan kewajiban masa kini dan jumlah yang harus diselesaikan dapat diukur dengan andal dan Kewajiban dicatat sebesar nilai nominal. Kewajiban jangka pendek berkurang pada saat pembayaran/penyelesaian oleh perusahaan.

Kata Kunci: Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP), Pengakuan Kewajiban, Pengukuran Kewajiban.


References


Aan Komariah, Djam’an Satori, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Alfitri, dkk. 2014. Penerapan standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP) pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) perajin mebel desa godongsari kecamatan juwiring kabupaten klaten. Jupe UNS 3(2).135-147.

Asih &Pratiwi.(2010). Perilaku Prososial ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi.Kudus: Universitas Muria Kudus.Jurnal Psikologi.1(1).

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Erlina, Omar Sakti Rambe, dan Rasdianto. 2015. Akuntansi Keuangan DaerahBerbasis Akrual. Jakarta: Salemba Empat.

Glaser, Barney G. and Anselm L. Strauss. 1967. The Discovery of Grounded Theory.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility.Yogyakarta: Graha Ilmu. Hanafi, Mahmud M. 2010. Manajemen Keuangan. Cetakan ke lima. Yogyakarta: BPFE.

Karisma Brigitta Dyah. 2016. Evaluasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Dalam Penyususnan Laporan Keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Santa Dharma: Yogyakarta.

Mahmudi, 2010.Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Edisi Kedua. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Martani Dwi. SylviaVeronica NPS. Ratna Wardhani. Aria Farahmita. Edward Tanujaya. 2014. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis Kas. Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho Adi, Rahman, dan Zulaikha. 2012. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan bebas yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Satu)”. Diponegoro Journal Of Accounting.1(2).

Ratag, Suryani Miyoko. 2013. Perlakuan Akuntansi Capital Expenditure dan Revenue Expenditure pada PT. Bank Sulut. Jurnal EMBA. 1(3),179-181.

Parker, L. D. and Roffey, B. H. 1997. Methodological Themes Back to the Drawing Board: Revisting Grounded Theory and the Everyday Accountant’s and Manager’s Reality. Accounting, Auditing & Accountability Journal. 10(2),212-247.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 58 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Pratama Andi. 2014. Rancangan Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Poerwadarminta, W.J.S. 2005.Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapai Contoh Analisis Ststistik.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Sekaran, Uma. 2009. Research Methods For Business. Jakarta: Salemba Empat.

Steven & Lina.(2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Perusahaan Manufaktur.Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 13(3), 163-181.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahrul dan Muhammad Afdi Nizar, 2000, “Kamus Istilah-istilah Akuntansi”, Cetakan Pertama. Jakarta: Citra Harta Prima.