PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMAKAI DAN DAMPAK INDIVIDU: PERSPEKTIF MODEL KESUKSESAN DELONE & MCLEAN (Studi Empirik Sistem Informasi Keuangan Pemerintah Kota Palopo)

Antong Antong, Halim Usman

Sari


Abstrak: Penerapan sistem di dalam organisasi pemerintahan untuk mendukung informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen dalam rangka mengambil keputusan. Intinya suatu alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pemerintah dalam memberikan informasi keuangan sebagai bagian dari sistem informasi manajemen pemerintah daerah, sehingga dalam penelitian ini memfokuskan peran Sistem Informasi Daerah terhadap organisasi pemerintah adalah bagaimana SI tersebut suskses diterapkan dalam pelaksanaannya.

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi apakah SI dapat dikatakan berhasil atau sukses dan mempunyai dampak positif terhadap Kepuasan pemakaidan berdampak terhadap individu dengan menggunakan Model DeLone dan McLean (1992).Penelitian ini menggunakan bentuk Analisis jalur. Dengan metode penentuan sampel yaitu purposive random sampling yang merupakan metode penarikan sampel yang didasarkan pada kriteria tertentu. Sedangkan dalam melakukan pengujian validitas dan reliabilitas atas hasil pengujian pendahuluan, dilakukan dengan program Warp PLS 4.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima hipotesis yang dibangun didalam peneltian ini ada empat hipotesis yang dapat diterima yaitu (1) Kualitas system berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pemakai. (2) Kualitas Informasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pemakai; (3) Kualitas informasi berpengaruh langsung dan tidak langsung secara positif signifikan terhadap Dampak Individu; (4) Kepuasan pemakai berpengaruh positif signifikan terhadap Dampak Individu.Sedangkan satu hipotesis ditolak yaitu Kualitas Sistember pengaruh tidak signifikan secara langsung maupun tidak langsung terhadap Dampak Individu.Kualitas sIstem, oleh para pegawai tidak memberikan efek motivasi karena mereka lebih mentiberatkan pada kualitas informasi yang dihasilkan tanpa melihat bentuk dari kualitas system yang ada.

Kata kunci :  Sistem Informasi Daerah (SI), Model kesuksesan DeLone dan McLean, Dampak Individu, Kepuasan pemakai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baile, J. E. and S.W. Pearson. 1983. “Development of a Tool for Measuring and Analyzing Computer User Satisfaction’ Management Science 29 (May)

Bodnar, George, dan Hopwood, W. 2006. Sistem Informasi Akuntansi, Penerbit: Andy Jogyakarta, Edisi 9. Diterjemahkan oleh Julianto Agung Saputra dan Lilis Setrowati.

DeLone, WH., dan McLean, ER. (1992). Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable. Information System Research, 3(1), 60-95.

Doll, WJ, and G.Torkzadeh. 1988. “The Measurement of End-user Computing Satisfaction” MIS Quarterly 12, June.

Edberg, DT., dan Bowman, BJ. (1996). User-Developed Applications: An Empirical Study of Application Quality and Developer Productivity. Journal of MIS, 13(1), 167-185.

McGill, T., Hobbs, V., dan Klobas, J. (2003). Users Developed Application and Information System Success: A Test of Delone and McLean’s Model. Information Resource Management Journal, 16 (1), 24 – 45.

Livari, J. (2005). An Empirical Test of the DeLone-McLean Model of Information Systems Success. The Database for Advances in Information Systems, 26(2), 8-27.

Istianingsih, dan S.H. Wijayanto. 2008. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Perceived Usefulness, dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan pemakai Akhir Software Akuntansi. Pontianak: Simposium Nasional Akuntansi XI, Hal: 1-51.

Ives,B., M.Olson, and S.Baroudi. 1983. “The Measurement of User Information Satisfaction” Communcations of the ACM, October.

Jogiyanto. 2007a. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta. Penerbit Andi.

King, J.L., V.Gurbaxani, K.L.Kraemer, F. W. McFarlan, K. S. Raman, and C.S.Yap. 1994.”Institutional Factors in Information Technology Innovation.” Information System Research 5: 2 (June).

Laudon, Kenneth C., 1985.”Environment and Institutional Models of Systems Development “Commucation of the ACM 28 Number 7 (July)

Laudon, Kenneth C., and Jane P. Laudon, 2000.”Organization and Technology in The Networked Enterprise“Management Information System, Six Edition, International Edition. www. prenhall.com/laudon.

Landrum, Hollis, and Victor R.Prybutok. 2004. “A Service Quality and Success Model for the Information Service Industry.” European Journal of Operational Research (EJO). ISSN: 0377-2217. Volume 156. August. ProQuest Company. 2005.

Livary, Juhani. 2005. “An Empirical Test of The DeLone-McLean Model of Information System Success” Dataabase for Advance in Information System (DFA). ISSN: 1532-0936 .Volume 36. ProQuest Company.

Mahmood, M.A., J.M. Burn, L.A. Geomoets, and C. Jacquez. 2000.” Variable Affecting Information Technology End-user Satisfaction: A Meta-Analysis of the Empirical of the Empirical Literature. International Journal of Human Computer Studies, 52: 4.

Markus, M.Lynne, and Mark Keil. 1994.”If We Build It, They Will Come: Designing Information Systems That People Want To Use.” Sloan Management Review (Summer)

Seddon, Peter, and Siew-Kee Yip. 1992. “An Empirical Evaluation of User Information Satisfaction (UIS) Measures for Use with General Ledger Accounting Software”, The Journal Information Systems, Volume Six, Number one, Spring.

Sitinjak, Tumpal JR., dan Sugiarto. (2006). Lisrel. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.