ANALISIS AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PADA PT. VALE INDONESIA TBK

Rahmawati Rahmawati, Sapar Sapar, Dwi Cahyo Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akuntansi pertanggungjawaban sosial pada PT. Vale Indonesia Tbk. data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dengan mengunjungi website resmi perusahaan. Pengunkapan tanggungjawab sosial perusahaan dengan menggunakan indeks pengungkapan menunjukan bahwa terdapat dalam penerapan tanggungjawab perusahaan pada PT. Vale Indonesia Tbk. Kesimpulan penelitian ini adalah pengungkapan CSR pada PT. Vale Indonesia Tbk untuk tahun 2012, 2013 dan tahun 2014 pada program keselamatan kerja karyawan dan bidang pelestarian alam konstan dari tahun ketahun dengan presentase sebesar 100% dengan terlaksananya semua kegiatan. Indeks pengungkapan pada program tersebut berada diatas batasan dan ini mengungkapkan CSR yang bagus. Pengungkapan Corporate social Responsibility (CSR) pada PT. Vale Indonesia Tbk untuk bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, bidang seni budaya dan keagamaan serta dukungan tambahan untuk fasilitas umum dan bantuan bencana alam pada tahun 2012, 2013 dan tahun 2014 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan indeks pengungkapan pada program tersebut terbilang baik karna adanya peningkatan dari tahun ketahun, dan pengungkapan CSR pada PT. Vale Indonesia Tbk. Dari semua bidang terbilang bagus dikarnakan indeks pengungkapan melebihi batasan indeks 50%. Disarankan kepada pihak perusahaan agar dana CSR lebih ditingkatkan lagi demi kesejahteraan masyarakat daerah perusahaan, karna melaksanakan CSR bukan berarti mengurangi kesejahteraan stakeholders.

References


Anggreini, Ft. R. R. 2006. “Pengaruh Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunanâ€.Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang, 23-26Agustus.

Belkoui, Ahmed. 2006. Teori Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Eko Adhy Kurnianto 2011. Pengaruh Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Terhadap Keuangan Perusaan. Semarang: Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.

Juniarti 2005. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance sebagai ;;Variabel Permoderasi. Semarang: Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.

Kodrat, David Sukardi. 2009. Manajemen Strategik: Membangun Keunggulan Bersaing Era Global di Indonesia Berbasis Kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kuncoro, Mudrajat. 2009. Metodologi Riset untuk Bisnis dan Ekonomi.Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Lucy Sumardi 2007. Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Keuangan. Bogor: Fakultas Ekonomi. Universitas Indonesia.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Michell Suharli 2004. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan Perusahaan. Jakarta: Fakultas Ekonomi. Universitas Katolik Indonesia Atmajaya.

Muhammad, Nik Mahenra. (2006), Auditing Pedekatan Terpadu. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi, 2001. Balance Scorecad. Alat Manajemen Kontemporer unutk Pelipatgandaan Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Putra, Risal. 2008. Audit. Jakarta: Salemba Empat.

Rahmawati. 2010. Pengaruh Profitabilitas, Presentase Kepemilikan, Komite Audit dan Budaya Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Pada Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Tambang di Indobnesia, Tesis. Program Pasca sarjana Universitas Hasanuddin.

Robert. 2001. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia.Jakarta : Media Soft Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remana Rosdakarya

Suharto. 2008. TanggungJawab Sosial Perusahaan. Jakarta : Salemba Empat.

Website resmi PT. Vale Indonesia Tbk. www.valeindonsia.co.id

Yeremia Ardi Pratama. (2008). Risiko Hukum & Bisnis Perusahaan tanpa CSR. PT. Jakarta: Percetakan Penebar Swadaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/ja001.v2i1.150

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Copyright (c) 2016 Jurnal Akuntansi